Tips Sehat untuk Penderita Diabetes tanpa Bikin Lapar

Tips Sehat untuk Penderita Diabetes tanpa Bikin Lapar

Tips Sehat untuk Penderita Diabetes tanpa Bikin Lapar, Image oleh Ryan McGuire dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tips sehat untuk penderita diabetes tanpa bikin lapar ada di sini.

Pertama ada smoothie untuk penderita diabetes.

Tips sehat untuk penderita diabetes ini fungsinya untuk menjaga menjaga kadar gula dalam tubuhnya, agar selalu dalam kondisi seimbang sebisa mungkin.

BACA JUGA:Manfaat Okra Hijau, Bagus untuk Diabetes hingga Cegah Kanker

Seperti diketahui, penderita diabetes sangat membutuhkan serat, untuk memperlambat tubuh dalam mencerna dan melepas gula dalam aliran darah.

Memanfaatkan alpukat, kacang-kacangan, biji chia, dan benih lenan dapat membantu tubuh dalam meningkatkan jumlah serat dalam smoothie (jus buah) tanpa mempengaruhi rasanya.

Karenanya, tips sehat untuk penderita diabetes tanpa bikin lapar yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

Berikut tips sehat untuk penderita diabetes tanpa bikin lapar, dalam hal ini smoothie yang aman untuk penderita penyakit gula, seperti dikutip dari  Medical News Today:

1 mangkuk susu almond bebas gula
1 buah alpukat ukuran kecil
1 cangkir bayam
Setengah cangkir bluberi
Setengah potong jeruk nipis yang sudah dikupas
Setengah cangkir Greek yogurt bebas gula
1 sendok makan biji chia
Setengah sendok teh kayu manis bubuk

Cara mempersiapkan smoothie untuk penderita diabetes ini, cukup blender hingga rata semua bahan di atas.

Smoothie untuk penderita diabetes ini diklaim sangat mengenyangkan,  dan bisadihidangkan dengan camilan.

Yogurt memberikan protein yang dibutuhkan tubuh, sementara kayu manis, biji chia, dan alpukat membantu menyeimbangkan kadar gula yang dimiliki bluberi.

Tips sehat untuk penderita diabetes tanpa bikin lapar yang kedua, adalah makan nasi putih dingin.

Jika pada nasi putih biasa kaya akan zat pati, atau karbo, namun tidak pada nasi putih dingin.

Jika nasi putih biasa umumnya dapat meningkatkan kadar gula darah dengan mudah, nasi putih dingin bekerja dengan cara berbeda.

"Nasi putih kaya akan zat pati atau karbohidrat yang dapat dicerna dan diserap dengan cepat oleh usus halus, sehingga kadar gula darah pun akan meningkat dengan cepat," kata dr. Caroline Claudia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

"Namun, zat pati tersebut dapat diubah menjadi zat pati yang sulit dicerna (zat pati resisten). Cara mengubahnya adalah dengan menyimpan nasi yang telah matang di dalam kulkas bersuhu 4°C selama 24 jam," ungkap dia.

Setelah itu, nas putihi dingin dapat dihangatkan kembali sebelum dimakan.

Zat pati pada nasi dingin yang sudah dihangatkan kembali ini nantinya menurut dr. Caroline, akan lebih sulit dicerna, membatasi penyerapan karbohidrat oleh usus.

Demikian tips sehat untuk penderita diabetes tanpa bikin lapar, yang tidak boleh dilewatkan.

Sumber: