News

Profil Singkat 7 Nama Cawapres untuk Ganjar Pranowo Versi Jokowi

fin.co.id - 24/04/2023, 14:35 WIB

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)

Cawapres untuk Ganjar Pranowo -  Ganjar Pranowo resmi ditetapkan sebagai calon prtesiden (capres) yang bakal diusung PDI Perjuangan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun kemudian mengungkap 7 calon wakil presiden (cawapres) yang tepat mendampingin Ganjar Pranowo pada kontestasi Pemililhan Presiden (Pilpres) 2024.

Para cawapres yang disebut Jokowi berpotensi besar mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 umumnya dalah ketua umum partai politik, seperti Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartato, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Selain itu ada juga kepala daerah dan menteri, seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Saindaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Polhukam Mahfud MD. 

BACA JUGA:

"Kok tanya saya, banyak (yang cocok). Ada Pak Erick, Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud, Pak Ridwan Kamil, Cak Imin, dan Pak Airlangga," kata Jokowi usai salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Sheikh Zayed Solo, Sabtu, 22 April 2023.

Berikut Profil 7 Cawapres untuk Ganjar Prabowo versi Jokowi:

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra dan juga Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju.

Selain disebut cocok sebagai cawapres, Prabowo juga telah mendeklarasikan diri sebagai capres dari Partai Gerindra.

Sebelumnya Prabowo telah mengikuti kontestasi Pilpres sebanyak 3 kali, pada 2009 menjadi cawapres Megawati Soekarnoputri.

Pada tahun 2014, Prabowo kembali maju sebagai Capres berpasangan dengan Hatta Rajasa. Kemudian pada 2019, Prabowo maju sebagai capres berpasangan dengan Sandiaga Uno.   

BACA JUGA:

Mahfud MD

Nama Mahfud MD pernah masuk ke daftar Cawapres Jokowi pada 2019. 

Mahfud pernah menjabat sebagai menteri kehakiman dan hak asasi manusia dan menteri pertahanan era Gus Dur.

Mahfud juga pernah menjabat sebagai Ketua MK periode 2008-2013. 

Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju.

Admin
Penulis
-->