Analisis Dahlan Iskan: Jika Erick Thohir jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Maka Prabowo Gagal Maju

Analisis Dahlan Iskan: Jika Erick Thohir jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Maka Prabowo Gagal Maju

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memakaikan peci ke Ganjar Pranowo kala deklarasikan Capres 2024.-pdiperjuangan.id-

Jika Erick Thohir jadi Cawapres Ganjar, Maka Prabowo Gagal Capres!- Kolumnis kondang Dahlan Iskan menulis pandangan pribadinya terkait pencapresan Ganjar Pranowo oleh PDI-Perjuangan pada Pilpres 2024, serta nasib Prabowo Subianto. 

Dahlan Iskan menilai, Presiden Joko Widodo yang semula abu-abu, kini jelas dukungannya, yaitu ke Ganjar Pranowo. 

Hal itu setelah Presiden Jokowi ikut hadir dalam pengumuman Ganjar Pranowo sebagai calon presiden oleh Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis, Bogor pada Jumat 21 April 2023.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga mengajak Ganjar pulang bersama menggunakan pesawat kepresidenan ke Solo, Jawa Tengah. Selain itu, Jokowi dan Ganjar juga melaksanakan salat Idul Fitri di Solo. 

Sikap Jokowi ini, menurut Dahlan Islan, sudah mendukung sepenuhnya Ganjar Pranowo sebagai Capres PDI-Perjuangan. Sehingga tidak ada lagi isu-isu dukungan Jokowi ke Prabowo Subianto. 

BACA JUGA:

"Semua itu fakta bahwa Jokowi sudah kembali mantap dengan Ganjar.

Tinggal Jokowi menghendaki siapa yang jadi Cawapres" kata Dahlan Iskan, dilansir catatan Harian Disway edisi, Minggu 23 April 2023.

Nah, yang jadi pertanyaan, apa isi pembicaraan Jokowi dam Ganjar selama satu pesawat dari Jakarta ke Solo. Dahlan Islan menduga, isi pembicaraan bisa saja terkait Calon Wakil Presiden yang akan dampingi Ganjar. 

"Dugaan saya: soal siapa calon wakil presiden. Salah satunya lagi: soal kelanjutan pembangunan. Dan entah apa lagi," kata Dahlan Iskan. 

Dahlan Iskan menilai, Jokowi sangat inginkan Erick Thohir sebagai Cawapres Ganjar Pranowo. Apalagi Nahdatul Ulama (NU) juga inginkan posisi Cawapres. Sementara Erick Thohir juga bagian dari NU karena posisinya sebagai kader Anshor. 

BACA JUGA:

"Ia Banser. Bersertifikat pula. Pula, ia ketua panitia satu abad NU yang menggelegar" kata Dahlan. 

"Kalau Ganjar dan Erick berpasangan, dengan dukungan penuh Jokowi dan Megawati, maka kansnya begitu besar. Apalagi sudah mulai muncul kampanye: terpilihnya Ganjar nanti sudah sama dengan Jokowi tiga periode," sambungnya

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: