Sony Siap-siap Ucapkan Goodbye pada PS4, Mulai Kapan?

Sony Siap-siap Ucapkan Goodbye pada PS4, Mulai Kapan?

Linus Tech Tips / YouTube--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sony telah memutuskan bahwa pihaknya berencana untuk mengakhiri dukungan mereka akan PlayStation 4 (PS4), demikian seperti dilaporkan laman Comicbook.

Itu artinya, Sony akan mulai berhenti memproduksi game PS4, begitu keputusan ini efektif berjalan.

Itu artinya pula, Anda yang masih berkutat dengan PS4, tidak akan lagi menemukan judul game baru, yang dikeluarkan Sony untuk konsol lawas Anda itu.

(BACA JUGA:VRR Bikin Grafis dan Gameplay Lebih Memukau di PS5, Ini Daftar Monitor dan TV yang Support)

Seperti diketahui, umur PS4 sudah nyaris berusia sembilan tahun. Dirilis pada musim liburan 2013, PS4 adalah konsol game terlaris yang pernah dibuat hingga saat ini.

Namun Sony tentunya tidak bisa berkutat di masa lalu, karena mereka kini harus fokus pada PS5, yang umurnya sudah lebih dari setahun.
Pengumuman ini sendiri diungkap Sony pada laporan keuangan terbaru perusahaan asal Jepang itu, yang menyebutkan bawah PS4 tidak akan lagi tersedia mulai 2025 mendatang.

Meski begitu, hingga waktu yang ditentukan, Sony masih akan merilis beberapa judul game ke PS4, dan baru akan focus sepenuhnya pada PS5 pada 2025.

Itu artinya juga, umur PS4 sebenarnya terbilang sangat lama untuk ukuran konsol game lawas.

Sony sendiri juga berencana untuk merilis beberapa judul eksklusif mereka untuk PC dan perangkat mobile, dengan harapan bisa meraup setengah pemasukan mereka di luar dari PS5.

PS5 Pro

Sony patenkan upgrade grafis besar-besaran untuk PS5. Menurut Yahoo, ini mungkin pertanda dari generasi berikutnya PS5, yakni PS5 Pro.

Menurut kabar itu, arsitek PS5 Mark Cerny telah mengajukan paten baru bernama "accelerated ray tracing with asynchronous operation and ray transformation".

Filling paten ini menurut Yahoo, pertama kali diungkap user Twitter dengan akun OnionOOO48.

Menurut paten yang menunjukan beberapa diagram, tidak terlihat akan seberapa signifikannya paten ini terhadap performa PS5 baru ini.

Menurut temuan itu, peningkatan grafis besar-besaran diprediksi bakal hadir lewat PS5 dengan paten ini. Tidak hanya meningkatkan kualitas ray tracing, namun juga framerate dan resolusi PS5 itu sendiri.

Kabar PS5 Pro Sudah Lama Berhembus

PS5 dikabarkan bakal punya versi upgrade. Menurut bocoran leaker Moore’s Law IS Dead, yang dilansir Cnet kuartal ketiga tahun lalu, Sony bakal mengeluarkan PS5 dengan spesifikasi lebih tinggi dari model standarnya.

PS5 Pro diprediksi hadir antara 2023-2024, PlayStation 5 Pro bakal punya banderol harga lebih tinggi dari model standarnya.

Belum jelas spek seperti apa yang bakal dihadirkan Sony dari konsol teranyarnya ini, namun PS5 Pro diprediksi bakal dilepas di angka 600-700 dolar AS.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: