ASDP Prediksi Penumpang Musim Lebaran 2022 Tembus 3,2 Juta Orang, Naik 65 Persen dari Tahun Lalu

ASDP Prediksi Penumpang Musim Lebaran 2022 Tembus 3,2 Juta Orang, Naik 65 Persen dari Tahun Lalu

Dermaga ASDP --

JAKARTA, FIN.CO.ID - PT ASDP (Persero) memoprediksi, pergerakan penumpang kapal penyeberangan pada musim Lebaran tahun ini akan mengalami lonjakan signifikan. 

Hal itu menyusul diizinkannya mudik tahun ini oleh pemerintah, termasuk juga dengan adanya cuti bersama yang relatif panjang. 

(BACA JUGA:Pemerintah Sebut Rencana Aksi Arus Mudik Lebaran Sudah 100 Persen, Moldoeko: Jangan Sampai Nanti...)

Kondisi ini tentu akan dimanfaatkan oleh para perantau untuk pulang ke kampung halaman. 

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, ASDP menyebut jumlah penumpang kapal penyeberangan yang dilayani perseroan tahun ini akan mencapai 3,2 juta orang. 

Jumlah itu meningkat 65 persen dibandingkan musim arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2021 yang hanya mencapai 1,94 juta orang, sebagai imbas dari adanya PPKM.  

Lonjakan juga tidak hanya terjadi pada jumlah penumpang, melainkan juga pada jumlah kendaraan yang menyeberang. 

(BACA JUGA:Prediksi Jasa Marga: Puncak Mudik 29 April, Arus Balik 8 Mei)

Diperkirakan jumlah kendaraan roda dua yang menyeberang bisa mencapai 144 ribu kendaraan atau meningkat 47 persen, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai 98 ribu kendaraan. 

Lonjakan juga diperkirakan terjadi pada kendaraan roda empat yang tahun ini diperkirakan mencapai 238 ribu kendaraan, atau naik 59 persen dari tahun 2021 yang hanya 149 ribu unit kendaraan roda empat saja. 

Adapun truk logistik diperkirakan mencapai 181 ribu unit atau naik 24 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 146 ribu unit.

"Secara total seluruh kendaraan diperkirakan mencapai 582 ribu unit atau naik 44 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 403 ribu unit," ungkap Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP Yusuf Hadi dalam acara Media Gathering di Jakarta, Rabu 13 April 2022. 

(BACA JUGA:Mudik Gratis 2022 Kemenhub Sudah Dibuka, Buruan Cek di Sini)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: