Perumahan Sektor yang Krusial, Erick Thohir: Sinergi BTN Penting untuk Jawab Kebutuhan Hunian Kaum Millenials

Perumahan Sektor yang Krusial, Erick Thohir: Sinergi BTN Penting untuk Jawab Kebutuhan Hunian Kaum Millenials

Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri Pencanangan Penyediaan Pembiayaan dan Hunian Milenial di Depok, Jawa Barat, Sabtu 2 April 2022 -Istimewa-

Menurut Haru, sesuai dengan mandat dari Menteri BUMN,  Bank BTN akan bersinergi dengan BUMN lain, khususnya BUMN karya memastikan pasokan hunian bagi milenial terpenuhi. 

Untuk mendorong penyaluran KPR ke generasi milenial, Haru menilai diperlukannya dukungan dari seluruh stakeholder, mulai dari pemerintah dengan insentif dan kebijakan fiskal maupun moneter, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, asosiasi pengembang  dan lain sebagainya.  

Haru juga menyampaikan apresiasinya kepada Japan International Cooperation Agency atau JICA dan Pemerintah  yang membuka peluang kemitraaan pendanaan jangka panjang dengan Bank BTN.

Haru menuturkan, BTN saat ini bekerjasama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency) dan Citibank untuk pinjaman potensial ke perseroan. 

(BACA JUGA:Pemkot Bogor Larang Sahur On The Road, Bima Arya: Banyak Mudharat Ketimbang Manfaatnya)

Tujuan pendanaan ini adalah untuk mendukung kredit perumahan ke segmen berpenghasilan menengah ke bawah di Indonesia.

“Skema pendanaan salah satunya sedang dijajaki kerjasama pembiayaan dari JICA dan Citibank, kami berharap kerjasama ini dapat dikembangkan ke pembiayaan perumahan lain,” kata Haru.

Lebih lanjut Haru menegaskan, dukungan kredit perumahan di segmen tersebut dan menyediakan pinjaman yang baik untuk perumahan sangat penting di tengah pandemi Covid-19. 

“BTN dan para pemberi pinjaman secara positif bergerak maju untuk kolaborasi tersebut,” papar Haru.

(BACA JUGA:Kronologi Penjaga Warkop Rudapaksa Wanita Muda di Bekasi, Ketua RW: Pas Digeruduk, Pelaku Coba Bunuh Diri)

Chief Representative JICA untuk Indonesia Shigenori Ogawa mengaku siap mendukung  upaya Pemerintah dalam penyediaan perumahan nasional dan peran Bank BTN terhadap pembiayaan perumahan. 

“JICA sedang mendiskusikan dengan Bank BTN kemungkinan kerjasama finansial dengan menyiapkan pinjaman untuk mendukung  Bank BTN dalam penyediaan pembiayaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” katanya.

Menurut Ogawa,  Bank BTN berperan sangat penting dalam sektor pembiayaan perumahan di Indonesia, dimana pangsa pasar domestik di KPR mencapai 40 persen. 

“JICA menilai BTN adalah salah satu stakeholder kunci  dalam mengembangkan sektor perumahan dan mengembangkan akses ke pembiayaan perumahan bagi masyarakat,” tukasnya.

(BACA JUGA:Baru Dua Bulan Diluncurkan, All New Honda BR-V Jadi 'Car of The Year')

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: