Bola

Timnas U-23 Gagal ke Olimpiade Paris, Erick Thohir: Ini Bukan Akhir, Ini Landasan untuk Terbang Tinggi

FIN.CO.ID- Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengucapkan terimakasih kepada Timnas Indonesia U-23 yang telah berjuang di Piala Asia hingga Play Off Olimpiade Paris 2024.

"Terima kasih kepada seluruh pencinta sepak bola yang selalu setia mendukung Timnas Indonesia. Doa yang tidak putus serta antusiasme para pecinta sepak bola, adalah energi besar bagi sepak bola kita" tulis Erick di akun media sosialnya, dikutip pada 10 Jumat 10 Mei 2024.

Erick Thohir mengatakan, Garuda Muda telah ukir sejarah di semifinal Piala Asia U-23 hingga mencapai Playoff Olimpiade. 

BACA JUGA:

Meski kalah melawan Guenia dengan skor 0-1 dan gagal lolos ke Olimpiade Paris, namun menurut Erick, perjuangan Garuda Muda belum berakhir. 

"Sebuah prestasi melebihi ekspektasi, Indonesia bisa mencapai semifinal Piala Asia lalu mencapai play off Olimpiade. Ini bukan akhir, tapi landasan untuk terbang tinggi" katanya. 

Indonesia yang mewakili Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Guinea dari Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) bersaing ketat memperebutkan tiket terakhir Olimpiade tahun ini.

BACA JUGA:

Indonesia datang ke pertandingan di Stade Pierre Pibarot, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis, sebagai tim yang tidak diunggulkan dengan peringkat 134 dunia (FIFA), sedangkan Guinea berperingkat 76.

Dalam laga play-off itu, Indonesia memiliki rekor pertandingan yang bagus dalam lima pertandingan terakhir, karena bermodal dua kali menang, satu seri, dan dua kali kalah. Sedangkan, Guinea, hanya menang sekali, dia seri, dan kalah dua kali.

Namun, Witan Sulaeman dkk terpaksa mengakui keunggulan Guinea dengan skor tipis 0-1.

Pada Piala Asia U-23 di Qatar yang lalu, skuad asuhan Shin Tae-yong berhasil mencetak sejarah baru dengan menembus babak semifinal dan menempati peringkat keempat. (*) 

Admin
Penulis