Berpuasa saat Hamil Trimester Pertama? Ini Kata Dokter

Berpuasa saat Hamil Trimester Pertama? Ini Kata Dokter

Ibu hamil, Image oleh Manuel Alejandro Leon dari Pixabay--

IMT di bawah 18,5 maka kenaikan berat badan 12,5-18 kg hingga ibu melahirkan. IMT 18-24,9 kenaikan berat badan yang diharapkan 11,5-16 kg. Sementara bila IMT di atas 30, maka kenaikan berat badan sebaiknya 5-9 kg.

"Bila BMI 24 maka kenaikan berat badan sampai lahiran nanti sekitar 11-16 kg. Jadi kalau dibagi rata-rata per bulan kurang lebih 1,5 kg kenaikan berat badan ibunya. Kalau kenaikan kurang dari harapan ada kekhawatiran bayi yang lahir akan lebih kecil," ujar Fadli.

Kemudian, pada ibu yang berpuasa saat trimester ketiga (usia kehamilan hingga 26-40 minggu), sebanyak 21 penelitian (dipublikasikan dalam BMC Pregnancy and Childbirth) menyatakan, berat badan bayi tidak terganggu selama berpuasa.

(BACA JUGA:Waspada Penyakit Ginjal, Kenali Ciri dan Cara Pencegahannya)

Namun, ada satu penelitian menyatakan berat plasenta akan lebih kecil bila berpuasa pada trimester yang umumnya ditandai munculnya nyeri pada panggul itu.

Sementara pada temuan lain, tidak terdapat kasus kematian pada janin maupun risiko bayi terlahir prematur dikarenakan berpuasa di bulan Ramadhan.

Fadli menyimpulkan, banyak penelitian menunjukkan, berpuasa boleh-boleh saja saat hamil. Namun, menurut dia, ibu hamil yang bijak akan melakukan persiapan untuk berpuasa dan mengetahui batasan-batasannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: