Mengenal Lawang Sewu, Objek Wisata di Semarang yang Ternyata Cuma Punya 429 Pintu

Mengenal Lawang Sewu, Objek Wisata di Semarang yang Ternyata Cuma Punya 429 Pintu

Lawang Sewu, destinasi wisata sejarah di Kota Semarang--KAI

JAKARTA, FIN.CO.ID - Siapa yang belum pernah mendengar Lawang Sewu, sebuah bagunan tua yang dijadikan objek wisata yang sangat melambangkan Kota Semarang di Jawa Tengah. 

Kesan angker adalah yang pertama kali kita sadari ketika mendengar nama Lawang Sewu. 

Video viral seseorang melakukan uji nyali dalam tayangan acara di televisi swasta, yang kemudian ditemui oleh sosok makhluk halus menjadi momen yang paling terngiang dalam ingatan anda ketika mendengar Lawang Sewu. 

(BACA JUGA:Biar Gak Nyesel, 3 Pantai Ini Wajib Dikunjungi Usai Nonton Balap MotoGP di Mandalika)

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah Lawang Sewu? benarkah jumlah pintu pada bangunan tersebut berjumlah seribu, sesuai dengan namanya?

Begini jawabannya.

Orang-orang mungkin mengenal gedung ini dengan nama Lawang Sewu, tapi tahukah kamu jika itu bukanlah nama asli dari Lawang Sewu. 

Di awal pembangunannya, bangunan ini bernama Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij. Sedangkan dalam bahasa Jawa, Lawang Sewu artinya seribu pintu.

(BACA JUGA:Kemenparekraf Gelar 'Skill Up' Program Bagi SDM Pariwisata Mandalika)

Namun hanya karena namanya "Lawang Sewu", tidak berarti gedung ini benar-benar punya seribu pintu. Faktanya, Lawang Sewu hanya memiliki 429 pintu. 

Tapi sama seperti kebanyakan gedung Belanda lainnya, Lawang Sewu memiliki banyak jendela besar yang jika dilihat dari jauh akan terlihat seperti pintu. Dan itulah alasannya kenapa orang-orang menyebut gedung ini sebagai "Lawang Sewu".

Berbeda dengan sekarang, Lawang Sewu dulu merupakan kantor administrasi Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) yaitu sebuah perusahaan kereta api swasta asal Netherland. 

(BACA JUGA:Wajib Dicoba, Pacu Adrenalin Dengan Paket Wisata Tour Off-Road Semarang Zoo)

Sumber: