Kemenparekraf Gelar 'Skill Up' Program Bagi SDM Pariwisata Mandalika

Kemenparekraf Gelar 'Skill Up' Program Bagi SDM Pariwisata Mandalika

Menparekraf Sandiaga Uno memberikan arahan dalam pelatihan pengelolaan daya tarik wisata-Humas Kemenparekraf-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar kegiatan "Pelatihan Pengelolaan Daya Tarik Wisata" di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan ini merupakan upaya Kemenparekraf dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi masyarakat, khususnya pengelola daya tarik wisata termasuk desa wisata agar semakin memenuhi standar pelayanan dalam menyambut wisatawan.

Upaya itu diharapkan pula agar ragam pengembangan dari berbagai kegiatan internasional yang dihadirkan pemerintah di destinasi pariwisata super prioritas Mandalika dapat berdampak terhadap ekonomi lokal secara maksimal dengan terbukanya lapangan kerja.

(BACA JUGA:Keliling Sirkuit Mandalika Gunakan Sepeda, Aleix Espargaro: Indah, Namun Aneh)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan kegiatan ini merupakan program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu.

“Hari ini kita ingin menunjukkan komitmen pemerintah untuk kebangkitan ekonomi dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dalam melayani wisatawan," ujar Sandiaga, dikutip Jumat 11 Februari 2022. 

Sandiaga mengatakan, perhelatan MotoGP 2022 yang akan berlangsung pada bulan Maret potensial memberikan dampak yang besar bagi masyarakat. 

(BACA JUGA:Asyik Nih! PUPR Siapkan Rusun Penginapan untuk Penonton MotoGP Mandalika)

Ia menginginkan desa-desa wisata yang ada di sekitar Mandalika dan NTB, harus bisa mengambil bagian dengan menjadi destinasi wisata tujuan favorit karena menawarkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Persiapan-persiapan harus terus dilakukan, termasuk mempersiapkan produk-produk ekonomi kreatif yang ada di desa wisata sehingga mampu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Karenanya kesiapan sumber daya manusia menjadi salah satu hal utama yang harus dipersiapkan.

“The show must go on, meskipun di tengah Omicron saat ini. Kita terus mendorong kedisiplinan penerapan protokol kesehatan. Saya juga ingin mendorong desa wisata untuk menyiapkan produk ekonomi kreatif, serta SDM yang mampu melayani wisatawan. Dan menghadirkan produk-produk ekonomi kreatif di desa wisata agar bisa dibelanjakan dan dibeli oleh wisatawan,” ujarnya.

(BACA JUGA:Bangganya Erick Thohir, Para Rider Dunia 'Pamer' Keindahan Alam Mandalika)

Sandiaga mendorong keterlibatan masyarakat secara aktif dalam sektor pariwisata, khususnya di sektor sport tourism. 

NTB disebutnya sudah memiliki modal kuat untuk itu. Hal ini bisa terlihat bagaimana para pembalap MotoGP sangat terkesan saat tiba di Mandalika, sehingga kawasan yang masuk menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas tanah air, menjadi buah bibir di media sosial.  

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: