IHSG Hari Ini Berpeluang Terkoreksi, Sederet Saham Pertambangan Jadi Rekomendasi Analis

IHSG Hari Ini Berpeluang Terkoreksi, Sederet Saham Pertambangan Jadi Rekomendasi Analis

Ilustrasi pergerakan IHSG hari ini-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan, Jumat 4 Februari 2022 berpotensi untuk kembali melemah.

Hal itu terjadi setelah pada penutupan perdagangan, Kamis 3 Februari 2022 kemarin IHSG terkoreksi 0,35 persen ke level 6.683.

"Ada peluang bagi IHSG untuk kembali bergerak melemah dan tetap dalam fase konsolidasi, jika masih berada di bawah rentang resistance 6.738-6.754," kata analis PT Binaartha Sekuritas, Ivan Rosanova, dalam riset harian untuk perdagangan Jumat pagi.

(BACA JUGA:Harga Emas Internasional 4 Februari 2022 Stagnan, Terpengaruh Lonjakan Yield Obligasi Amerika)

Namun, menurut Ivan, jika pergerakan IHSG mampu menembus kisaran resistance tersebut, maka laju indeks akan mengkonfirmasi kelanjutan tren naik di akhir pekan.

Dia menyebutkan, saat ini IHSG memiliki level support di posisi 6.627, 6.603 dan 6.570, sedangkan level resistance secara berturut-turut berada di posisi 6.738, 6.754 dan 6.788. 

"Berdasarkan indikator, MACD menandakan kondisi bullish," ucapnya.

(BACA JUGA:Bitcoin cs Hari Ini Ditutup Melemah, Imbas Investor Melakukan Aksi Profit Taking)

Dengan demikian, jelas Ivan, pada perdagangan hari ini Binaartha Sekuritas merekomendasikan pelaku pasar untuk mempertimbangkan pembelian saham ANTM, BBCA, INCO, MDKA dan PTBA.

Sementara itu, analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya, mengatakan laju IHSG yang akan bergerak dalam rentang sempit berpotensi mengalami koreksi. Saat ini kisaran support-resistance IHSG berada di level 6.606-6.743.

Dia mengatakan, pada dasarnya pergerakan IHSG berhasil menggeser rentang konsolidasi ke arah yang lebih baik dan berlanjutnya capital inflow menunjukkan kepercayaan investor terhadap pasar modal Indonesia.

(BACA JUGA:IHSG Diramal Menguat Seminggu Kedepan, Ini Faktor Pemicunya)

"Namun, risiko terhadap potensi terjadinya koreksi jangka pendek tetap perlu diwaspadai, mengingat perlambatan ekonomi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pola pergerakan IHSG . Hari ini IHSG masih berpotensi bergerak dalam rentang terbatas," papar William.

Maka, menurut William, pada perdagangan akhir pekan ini pelaku pasar disarankan untuk mencermati saham SMGR, INDF, TLKM, BBRI, CTRA, JSMR, SMRA.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: