Soal Vaksin, Kesiapan Daerah Cukup Baik

Soal Vaksin, Kesiapan Daerah Cukup Baik

JAKARTA - Kesiapan daerah untuk distribusi vaksin COVID-19 dinilai sudah cukup baik. Distribusi vaksin akan dilakukan secara bertahap. Diutamakan pada populasi dan wilayah yang berisiko tinggi penularan Corona. “Pemerintah pusat terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan distribusi vaksin COVID-19 berjalan dengan lancar,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito di Jakarta, Sabtu (26/12).

BACA JUGA: Teddy Terus Mendesak Minta Harta Warisan Lina, Sule pun Bereaksi

Terkait uji klinis vaksin Sinovac, lanjutnya, saat ini tengah berlangsung dilakukan di Universitas Padjajaran dan PT Bio Farma. Ini dilakukan untuk melihat dosis yang aman dan efek samping yang mungkin terjadi. Hasil uji klinis akan disampaikan kepada Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM) sebagai syarat untuk dikeluarkannya ermergency use of authorization (EUA). Ditargetkan, setelah lulus uji klinis dan praklinis, diharapkan izin edar dapat dikeluarkan tahun 2021.

BACA JUGA: Anggaran Pembangunan Madrasah 2021 Naik Rp500 Juta

“Bibit vaksin Merah Putih berpotensi akan diserahkan oleh Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman kepada PT Bio Farma pada triwulan pertama tahun 2021," jelas Wiku. Pemerintah, kata Wiku, saat ini tengah gencar mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi dalam mengatasi pandemi COVID-19 agar kekebalan komunitas atau herd Immunity semakin mudah tercapai. "Selain itu, disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) juga masih harus dilakukan. Masyarakat dan pemda tidak boleh lengah," tandasnya. (rh/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: