Mbah Benu Imam Jamaah Aolia Gunung Kidul, Keturunan Gagak Pranolo I, Punya Ilmu Laduni & Pernah Kuliah di UGM, Siapa Dia?

Mbah Benu Imam Jamaah Aolia Gunung Kidul, Keturunan Gagak Pranolo I, Punya Ilmu Laduni & Pernah Kuliah di UGM, Siapa Dia?

Mbah Benu Imam Jamaah Aolia Gunung Kidul, Keturunan Gagak Pranolo I, Punya Ilmu Laduni dan Pernah Kuliah di UGM-fin/diolah-

"Kewajiban itu menyampaikan dakwah kepada Mbah Benu" sambungnya. 

KH Nafis menyarankan pengikut Jamaah Aolia banyak mempelajari ajaran agama Islam baik melalui buku atau internet.

"Para pengikutnya ini jangar terlalu ikut Mbah Benu. Piknik dikit dikit lah, seperti baca baca di media sosial, baca do web , nanya ama guru" paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Jamaah Aolia di Dusun Panggang III, Giriaharjo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, telah menggelar salat Idul Fitri pada Jumat 5 Maret 2024.

Salat dipimpin langsung oleh Imam Masjid Aolia, Kyai Haji Raden Ibnu Hajar Sholeh Pranolo atau lebih akrab dipanggil Mbah Benu. 

Kepada media, Mbah Menu mengaku telah menelpon Allah sehingga mereka putuskan untuk Idul Fitri 1445 H lebih awal. 

"Saya tidak pakai perhitungan. Saya telpon langsung kepada Allah Taala,” jelas Mbah Benu.

“‘Ya Allah, (hari ini) sudah tanggal 29 (bulan Ramadan), 1 Syawal-nya kapan?’ Allah Taala bercerita, tanggal 5 (April 2024),” lanjutnya.

Mbah Menu juga mengatakan, tak ambil pusing dengan perbedaan dan cemooh dari pihak lain. Dia mengatakan, itu urusan Allah.  

Berdasarkan video yang beredar, sejumlah jamaah di masjid Aolia, Gunungkidul tersebut telah mengumandangkan takbir pertanda bahwa puasa Ramadhan telah berakhir dan menyambut Idul Fitri.

Terlihat dalam video yang diunggah dalam akun tersebut sejumlah jamaah pria, perempuan dan anak-anak terlihat khusyu melantunkan takbir.

"Gema takbir berkumandang, besok Jumat (5/4/2024) ribuan Jamaah masjid Aolia di Gunungkidul, akan melaksanakan sholat Idul Fitri," tulis salah satu netizen pada Kamis, 4 April 2024.

Diketahui, jamaah Masjid Aolia seperti Ramadan sebelumnya memulai ibadah puasa 1 Ramadan mendahului yang sudah ditetapkan pemerintah maupun ormas besar lainnya. Jamaah masjid Aolia memulai 1 Ramadan tahun ini pada Kamis, 7 Maret  2024 lalu.


Mbah Menu (kiri). Jamaah Aolia menggelar salat Idul Fitri 1445 H Duluan--

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: