8 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Setelah Pulang dari Mudik

8 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Setelah Pulang dari Mudik

Membersihkan kabin mobil. Sumber foto: google--

FIN.CO.ID - Pulang dari mudik Lebaran, pemilik mobil harus memeriksa kendaraannya untuk memastikan tidak ada masalah. Ada sejumlah bagian mobil yang harus dicek. Mulai dari kaki-kaki, eksterior, interior, hingga mesin.

Pada dasarnya perawatan mobil setelah dipakai mudik pada mobil baru maupun lama sama saja. Namun pada mobil lama perlu perhatian khusus pada beberapa bagian. Seperti sambungan air radiator, belt engine, kondisi rem, shockabsorber, hingga ban.

Dilansir dari laman Auto2000, berikut bagian mobil yang harus diperiksa setelah digunakan mudik:

1. Cek Ban

Perjalanan panjang mudik dengan berbagai kondisi jalanan dan muatan, membuat ban mobil bekerja lebih ekstra. Setelah digunakan mudik, disarankan untuk mengecek kondisi ban dan pastikan tidak ada kerusakan pada telapak ban.

Selain itu juga cek keausan ban dan juga kondisi dinding ban, pastikan tidak ada benjol dan sobek. Apabila ban mengalami kerusakan, segera lakukan penggantian.

2. Bersihkan Kolong dan Cek Komponennya

Saat mengecek kondisi mobil setelah digunakan mudik, jangan lewatkan untuk membersihkan bagian kolong dari kotoran. Kemudian cek juga bagian shockabsorber bila ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek.

Waspadai juga kebocoran selang rem, termasuk memeriksa kampas rem cakram atau rem tromol.

3. Periksa Oli Mesin

Pelumas memiliki peran penting untuk melindungi mesin. Setelah digunakan mudik, volume oli mesin tidak boleh kurang. Lakukan pengecekan volume oli menggunakan dipstick. Pastikan juga tidak ada perubahan warna oli yang mengindikasi adanya masalah pada mesin.

BACA JUGA:

4. Cek Minyak Rem

Rem mobil dapat berfungsi optimal apabila minyak rem dalam kondisi baik dan tidak habis. Minyak rem yang berkurang menandakan kampas rem mulai menipis, dengan catatan tidak terdeteksi kebocoran pada sistem rem.

5. Air Radiator

Air radiator berfungsi sebagai cairan pendingin mesin mobil. Pastikan air radiator tidak habis dengan mengecek tabung cadangannya. Cek juga kemungkinan terjadinya kebocoran pada selang dan rumah radiator.

6. Periksa Cairan Lain

Selain oli dan air radiator, ada sejumlah cairan mobil yang juga harus diperiksa. Antara lain minyak kopling untuk mobil manual, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, hingga minyak untuk power steering hidrolis.

Menurut Auto2000, pastikan cairan-cairan itu tidak berkurang dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

7. Cek Indikator di Panel Instrumen

Pengecekan kendaraan sehabis digunakan mudik bisa dilakukan dengan melihat indikator pada panel instrumen. Cukup putar kunci kontak ke posisi ON dan lihat indikator yang ada di layar instrumen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: