Siswa Wajib Tahu! Gak Lolos SNBP, Siswa Bisa Daftar UTBK-SNBT

Siswa Wajib Tahu! Gak Lolos SNBP, Siswa Bisa Daftar UTBK-SNBT

Gak Lolos SNBP, Siswa Bisa Daftar UTBK-SNBT -fin/diolah-

FIN.CO.ID -  Siswa yang kini mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) harus menunggu pengumuman terlebih dahulu. Karena tidak semua siswa dapat mendaftar SNBT. 

"Hasil SNBP akan diumumkan pada 26 Maret 2024. Apabila dinyatakan tidak lolos, barulah siswa dapat mendaftar SNBT," ujar Koordinator Humas dan Promosi SNPMB, Ismaini Zain dalam Sosialisasi Daring Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 di YouTube SNPMB BPPP, seperti dikutip pada Jumat, 22 Maret 2024.

Karena itu, dia meminta siswa tidak perlu khawatir tidak dapat mengikuti SNBT. Sebab, tidak ada pembatasan kuota pendaftar SNBT.

"Ketika diumumkan 26 Maret dan tidak lolos SNBP, pasti dapat kursi untuk mendaftar UTBK," imbuhnya. 

BACA JUGA:

Menurutnya, aturan ini untuk melindungi siswa yang juga mengikuti SNBP 2024. Sehingga tidak perlu keluar uang untuk pendaftaran SNBT.

"Jadi, biar jangan bayar dulu. Karena barang kali lolos SNBP. Karena masa pendaftaran masih tersisa hingga tanggal 5 April 2024," urainya.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 Tim Penanggung Jawab SNPMB, Rina Indiastuti mengatakan, pendaftar yang tidak lolos SNBP dapat mengikuti SNBT. Karena, pengumuman akan dilakukan pada 26 Maret 2024.

"Dan yang diumumkan 26 Maret dan tidak lolos SNBP itu pasti mendapat kursi untuk mendaftar SNBT," terang Rina. 

Sementara itu, peserta yang lolos SNBP tidak dapat mendaftar SNBT, karena akan tertolak oleh sistem.

BACA JUGA:

Siswa Bisa Pilih 4 Prodi Sekaligus

Calon mahasiswa, peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 dapat memilih 4 program studi (prodi) sesuai minatnya. 

Namun untuk dapat memilih 4 prodi, ada aturan yang harus diikuti. "Setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal empat program studi," kata  Wakil Ketua Pelaksana SNPMB, Rahmawati, dalam Sosialisasi Daring Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 di YouTube SNPMB BPPP, dikutip pada Jumat, 21 Maret 2024.

Adapun aturan yang harus diikuti yakni, pendaftar mesti memilih dua prodi program akademik atau sarjana. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: