Ssst! Ini 'Bocoran' Materi Tes SNBT - SNPMB 2024, Calon Mahasiswa Harus Tahu

Ssst! Ini 'Bocoran' Materi Tes SNBT - SNPMB 2024, Calon Mahasiswa Harus Tahu

Proses pendaftaran, cara buat akun hingga tahapan SNPMB 2024-fin/infotembusptn-X Twitter

FIN.CO.ID -  Pihak sekolah dan pelajar SMA/SMK/MA /sederajat wajib mengetahui aturan baru dalam proses SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) 2024. Termasuk 'bocoran' alias kisi-kisi dari materi tes SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) untuk calon mahasiswa. 

Calon mahasiswa perlu mengetahui ada 3 jalur masuk SNPMB 2024. Yaitu:

  1. Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 
  2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 
  3. Jalur Seleksi Mandiri 

Untuk jalur SNBP dan SNBT disiapkan oleh Panitia SNPMB 2024. Sedangkan jalur seleksi mandiri dikelola oleh masing-masing PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Dalam SNPMB 2024 ini terdapat ketentuan tambahan yang wajib  diperhatikan oleh calon mahasiswa. Ketentuan baru ini sebelumnya tidak ada pada SNPMB 2023 yang lalu. 

Tujuannya adalah mendorong peserta didik fokus mengenali bakat, minat, aspirasi karir serta bertanggung jawab terhadap pilihan yang diambil.

BACA JUGA:


Cara Daftar SNPMB 2024 Lengkap dengan Link, Syarat dan Jadwalnya-fin/ @infotembusptn-X Twitter

Aturan Baru SNPMB 2024

  1. Peserta SNBT hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali.
  2. Hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024.
  3. Seleksi jalur SNBT 2024 berdasarkan hasil UTBK 2024 dan portofolio bagi peserta yang memilih program studi seni dan atau olahraga.
  4. Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024.
  5. Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.
  6. Peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di perguruan tinggi mana pun.

Kebijakan baru ini untuk menekan angka daftar ulang yang sudah dinyatakan lolos SNBP maupun SNBT. 

Tujuannya supaya calon mahasiswa yang seharusnya bisa masuk karena yang sudah diterima tidak mendaftar ulang, akhirnya justru tidak bisa diterima. Baik melalui jalur SNBP maupun SNBT.

Aturan Penilaian SNPMB 2024

Soal dalam SNBT 2024 tidak hanya pilihan ganda. Ada pula isian singkat. Materi tes SNBT 2024 yaitu tentang penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan Tes Potensi Skolastik (TPS).

Aturan Memilih Program Studi (Prodi)

Aturan baru SNPMB 2024 ini terkait ketentuan pemilihan program studi (Prodi) pada jalur SNBT tahun 2024.

Peserta Jalur SNBT diperbolehkan memilih maksimal 4 program studi. Yaitu:

  • Pilihan Program Akademik dan pilihan program Vokasi. Dengan catatan prodi pilihannya dua program akademik dan dua program vokasi, minimal ada satu program diploma tiga. 
  • Bagi calon mahasiswa yang hanya memilih 1 atau 2 prodi, bebas memilih program apa pun.
  • Jika calon mahasiswa memilih 3 prodi, maka harus memilih 2 program akademik dan 1 program vokasi, atau 2 program vokasi dan 1 program akademik.
  • Jika calon mahasiswa memilih 4 pilihan prodi, maka harus memilih 2 program akademik dan 2 program vokasi dengan minimal 1 program diploma 3.
  • Calon mahasiswa yang mendaftar SNBP aturan pemilihan prodi yakni setiap siswa yang eligible diizinkan untuk memilih program studi di PTN.
  • Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK sederajat asalnya.
  • Sedangkan jika memilih satu program studi dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

Karena itu, para calon mahasiswa harus betul-betul mempertimbangkan pilihan prodi yang diinginkan. Jika  tidak berminat, maka jangan dipilih.

BACA JUGA:

SNPMB 2024 Resmi Dibuka, Ini Cara Registrasi Akun Sekolah

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: