Cara Membuat Cincau Hijau yang Kenyal, Langsung Cobain di Rumah

Cara Membuat Cincau Hijau yang Kenyal, Langsung Cobain di Rumah

Kenali Cara Membuat Cincau Hijau Kenyal, Bisa Kamu coba Dirumah-Sumber: FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Bagi kalian yang suka jajan cingcau hijau, ternyata membuatnya modah lho bisa kalian praktekan di rumah.

Cincau hijau merupakan minuman penyegar. Selain memberikan sensasi kesegaran, cincau juga diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Cara membuat cingcau hjau cukup mudah, selain itu peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu rumit 

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mencoba membuat cincau hijau sendiri sebagai minuman yang bermanfaat. Petunjuk pembuatan cincau hijau menggunakan daun cincau perdu dijelaskan dalam buku "Membangun Wirausaha Cincau Perdu" (2019) oleh Setijo Pitojo, diterbitkan oleh CV Aneka Ilmu Anggota IKAPI.

BACA JUGA:

1. Seleksi Daun yang Berkualitas

Pertama-tama, pilihlah daun cincau perdu yang baik untuk membuat cincau hijau. Pilihlah daun cincau perdu yang tidak terlalu muda namun juga tidak terlalu tua agar hasil cincau yang dihasilkan memiliki kualitas yang optimal. Pastikan untuk menghindari daun cincau yang berwarna kuning atau rusak akibat serangan hama.

2.Bersihkan Daun Cincau Perdu

Langkah kedua dalam pembuatan cincau hijau di rumah adalah membersihkan daun cincau perdu. Siapkan wadah yang bersih, lalu taruhlah daun cincau perdu di dalamnya. Rendam daun tersebut selama beberapa saat dan siram dengan air bersih. Setelah itu, bilaslah daun cincau dengan air dingin hingga bersih, kemudian buang airnya. Letakkan daun cincau di dalam wadah saringan dan tiriskan. Setelah itu, pindahkan daun cincau ke wadah bersih.

3.Rendam Daun Cincau Perdu dengan Air Mendidih

Rebuslah air hingga mendidih, lalu tuangkan ke dalam wadah yang berisi daun cincau perdu. Aduk hingga daun cincau perdu layu. Proses pemanasan ini bertujuan untuk membuat jaringan sel daun menjadi lunak dan mengurangi aroma alaminya. Setelah itu, buanglah air panas yang merendam daun cincau perdu. Kemudian, tambahkan air dingin matang secukupnya ke dalam wadah yang berisi daun cincau perdu. Remas-remaslah daun cincau untuk membersihkannya dari kotoran.

BACA JUGA:

 

4.Remas-Remas Daun Cincau Perdu

Apabila daun cincau perdu dirasa sudah cukup lunak, tambahkan air matang secukupnya. Remas-remaslah daun cincau perdu dengan air bersih. Lakukanlah peremasan ini di dalam air untuk mengurangi pembentukan buih yang berlebihan. Saringlah larutan cincau dan tambahkan larutan kapur atau garam kalsium jika diperlukan untuk mendapatkan tekstur yang lebih kental. Namun, pada umumnya, dalam pembuatan cincau rumahan, tidak diperlukan penggunaan larutan tersebut. Daun cincau perdu secara alami mengandung gelatin yang memberikan tekstur berlendir pada air perasan daun.

5.Diamkan Larutan Daun Cincau Perdu Hingga Mengental

 

Setelahnya, siapkanlah wadah atau cetakan untuk mencetak cincau. Tuangkan larutan cincau ke dalam cetakan dan biarkan mengental. Saringlah buih putih yang muncul di atas larutan cincau dengan menggunakan saringan atau sendok. Biarkan larutan daun cincau perdu diam selama tiga hingga empat jam agar mengental dan memiliki tekstur yang kenyal.

1.  

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mega Oktaviana

Tentang Penulis

Sumber: