Prabowo Ceritakan Asal Usul Joget Gemoy, Ternyata Dari Sini Awal Mulanya...

Prabowo Ceritakan Asal Usul Joget Gemoy, Ternyata Dari Sini Awal Mulanya...

Calon presiden Prabowo Subianto ketika berjoget Gemoy di depan para ketua umum partai, termasuk Megawati Soekarnoputri--golkar

FIN.CO.D- Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menceritakan awal mula gaya 'joget gemoy' yang selama ini diperagakan saat kampanye Pilpres 2024. 

Prabowo mengaku tidak mengerti arti gemoy itu. Dia mengatakan, awal mula dirinya mendengar istilah gemoy itu saat berkunjung ke daerah. Hingga beberapa kali berkampanye, baru Prabowo pun mengerti. 

"Pengertian gemoy pun gue ngga ngerti. Ngerti gemoy itu sejak kampenye ini. Mulai dari emak-emak. Mulai satu dua yang teriak-teriak. Lama-kelamaan menjalar. Sampai anak-anak SD di daerah (teriak) pak gemoy pak gemoy," ujar Prabowo di Podcast Deddy Corbuzier yang ditayang di YouTube hari ini, Selasa 13 Februari 2024. 

BACA JUGA:

Sementara terkait gaya jogetnya, Prabowo mengatakan, gaya itu hadir dengan sendirinya tanpa ada latihan. 

"Ga ada (belajar joget) itu keluar sendiri," kata Prabowo. 

Lebih lanjut, Prabowo menjelaskan, kakeknya Margono Djojohadikoesoemo adalah orang Jawa asli dari Banyumas yang menyukai wayang. 

Dia menjelaskan Wayang Kulit dan Wayang Orang menjadi hiburan wakyat pada masa kakeknya tersebut sebab saat itu belum ada jaringan televisi.

Karena adanya gerakan-gerakan wayang seperti silat, kemudian terbawa hingga kehidupan keluarganya. 

"Dalam keluarga kalau ada berita baik atau kalau kita dalam keadaan senang. Saya juga begitu, akhirnya langsung (goyang silat). Jadi ya itu, reaksi saya yang begitu," ujarnya. 

BACA JUGA:

Menteri Pertahanan ini lebih lanjut mengatakan, waktu kecil dia sering disambut oleh kakeknya ketika berkunjung dengan gerakan-gerakan silat. Dari situlah Prabowo terbiasa.

"Kakek saya setiap kali saya ker rumahnya, dia selalu menunggu di depan pintu, dia sambut saya dengan gaya itu. Jadi dia menyambut cucunya," Prabowo. 

Meski begitu, Prabowo tidak ambil pusing ketika banyak yang menjelekkan gaya kampanyenya dengan joget gemoy. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: