Pakai Helikopter, KPU Maluku Kirim Logistik Pemilu 2024 ke-6 Desa di Seram Utara

Pakai Helikopter, KPU Maluku Kirim Logistik Pemilu 2024 ke-6 Desa di Seram Utara

KPU Provinsi Maluku kirim logistik Pemilu 2024 menggunakan helikopter. -FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku melakukan pengiriman logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 keenam desa di Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah. Pengiriman logistik pemilu itu menggunakan helikopter.

Ketua KPU Provinsi Maluku Rifan Kubangun mengatakan, distribusi logistik menggunakan helikopter MI- 17 milik TNI AU. Dia juga mengatakan, enam desa di Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah yakni Desa Kaloa, Elemata, Kanike, Hatuolo, Manusela, dan Maraina, dimulai sejak Sabtu 10 Februari 2024.

BACA JUGA:

"Total ada tujuh TPS di enam desa tersebut, di mana hanya desa Manusela yang terdiri dari dua TPS, sementara desa lainnya masing- masing satu TPS," kata Rifan, Senin 12 Februari 2024.

Dia mengatakan, pendistribusian menggunakan helikopter karena Kecamatan Seram Utara merupakan daerah terpencil dan jauh. Selain itu, kata dia, penggunaan helikopter TNI AU itu juga karena kondisi geografis tidak bisa dijangkau dengan transportasi biasa. Sesuai pemetaan wilayah itu tergolong terisolir sehingga KPU memakai transportasi udara.

"Jika logistik dipikul maka membutuhkan waktu kurang lebih empat hingga lima hari untuk sampai di daerah tersebut, sehingga harus gunakan helikopter. Karena jarak tempuh tidak sampai satu jam," tuturnya.

Tidak hanya helikopter, kata dia, KPU juga menggunakan kapal perang TNI-AL untuk distribusi logistik ke beberapa desa pesisir yang sulit dijangkau oleh transportasi darat. Distribusi menggunakan bantuan alutsista TNI AL ke lima kabupaten di Maluku yaitu Maluku Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Tengah, dan Seram Bagian Timur.

Untuk kabupaten Maluku Barat Daya distribusi logistik menggunakan KRI Teluk Mondama untuk menjangkau 17 kecamatan di wilayah tersebut.

Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Trangan III-09-06 melayani Kepulauan Aru dan Seram Bagian Timur serta KRI Hatahilar melayani Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"Kita mendapat bantuan dukungan dari TNI Al armada kapal dan distribusi sudah tiba di kecamatan untuk diteruskan ke desa sampai ke TPS," tuturnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: