Hari Ini, KPU Manokwari Distribusikan Logistik Pemilu 2024 ke 3 Distrik

Hari Ini, KPU Manokwari Distribusikan Logistik Pemilu 2024 ke 3 Distrik

KPU Manokwari mulai distribusi logistik Pemilu 2024 ke tiga distrik di wilayah tersebut.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Christine R Rumkabu mengatakan, pihaknya mulai melakukan pengiriman logistik Pemilu 2024 untuk tiga distrik atau kecamatan, Sabtu 10 Februari 2024. Tiga distrik di Kabupaten Manokwari itu yakni Distrik Sidey, Prafi, dan Masni.

"Secara keseluruhan, total tps pada sembilan distrik di Manokwari berjumlah 673 TPS (tempat pemungutan suara) dengan logistik kotak suara sebanyak 3.365," kata Christine di Manokwari.

BACA JUGA:

Dia mengatakan, pihaknya melakukan pendistribusian 695 kota suara untuk tiga distrik itu. Dia menuturkan, Distrik Sidey sebanyak 125 kotak suara untuk 25 TPS, Distrik Masni 295 kotak suara untuk 59 TPS, dan Distrik Prafi sebanyak 275 kotak suara untuk 55 TPS.

Ia mengatakan, logistik yang didistribusikan berupa bilik suara, kotak suara yang sudah berisi surat suara, alat kelengkapan TPS lainnya seperti paku, dan bantalan. Tiap TPS mendapatkan lima kotak suara. Pendistribusian menggunakan truk lewat jalur darat.

"Nanti H-1 atau tanggal 13 Februari barulah seluruh TPS digeser ke masing-masing TPS," ujarnya.

Dia mengatakan, KPU sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan dan Pemkab Manokwari terkait gudang logistik di distrik. Aparat akan melakukan pengamanan dan Pemkab Manokwari melalui kepala distrik akan menyiapkan tempatnya.

Ketua Bawaslu Manokwari, Samsudin Renuat mengatakan, seluruh satuan kerja (satker) bawaslu sudah bersiap melakukan pengawasan melekat pada distribusi logistik sesuai wilayah kerja dari distrik hingga TPS. Satker Bawaslu terdiri dari 27 panitia pengawas kecamatan (panwascam), 173 pengawas kelurahan/desa (PKD), dan 673 pengawas tempat pemungutan suara (PTPS).

"Saat pergeseran logistik, panwascam dan PKD standby di distrik untuk jemput logistik bersama-sama PPD. Sedangkan saat menuju tps juga dikawal PTPS," katanya.

Distribusi logistik dihadiri KPU dan Bawaslu Provinsi Papua Barat disaksikan oleh Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, Kejaksaan Negeri Manokwari, Kodam Kasuari, Pemprov Papua Barat, dan Pemkab Manokwari.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: