Anies Sebut Bansos Harus Sesuai Kebutuhan Penerima Bukan Pemberi, Sindir Siapa?

Anies Sebut Bansos Harus Sesuai Kebutuhan Penerima Bukan Pemberi, Sindir Siapa?

Capres Anies Baswedan saat pemaparan visi dan misinya. -FIN/Tangkapan Layar-

FIN.CO.ID - Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan menegaskan, bantuan sosial (bansos) harus diberikan sesuai kebutuhan penerima bukan pemberi. Dengan demikian, kata dia, bansos yang diberikan bisa disebut sebagai bansos tanpa pamrih.

"Kalau penerimanya membutuhkan bulan ini, ya bulan ini. Kalau dibutuhkannya tiga bulan lagi, ya tiga bulan lagi. Tidak usah dirapel semuanya," kata Anies saat menjawab pertanyaan Capres RI Ganjar Pranowo dalam Debat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu 4 Februari 2024.

BACA JUGA:

Selain itu, menurut Anies, bansos itu harus diberikan dengan mekanisme jalur birokrasi dan diberikan langsung ke lokasi penerima. "Bukan dibagikan di pinggir jalan," kata dia.

Untuk itu, dia berjanji bakal membuat program bansos plus dengan meningkatkan angkanya dan memperbarui data masyarakat prasejahtera. Masyarakat prasejahtera itu bakal diberikan pendampingan untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Anies juga menekankan bahwa bansos itu harus atas nama negara. Terkait dengan hal itu, Anies menceritakan saat dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, bansos yang diberikan bertuliskan keterangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Di kardusnya diberikan label dibiayai APBD DKI Jakarta, bukan dari gubernur, dari uang rakyat," tegas Anies.

Dia juga merencanakan, pemberian bansos itu sebaiknya dalam bentuk uang atau dana dengan cara transfer. Bukan dalam bentuk barang guna mencegah korupsi dalam pengadaan.

Hal itu, lanjut dia, agar bansos tidak hanya memberikan keuntungan pada perusahaan-perusahaan raksasa yang dilibatkan dalam pengadaan bansos.

"Bila bantuan itu diberikan langsung dalam bentuk cash (tunai), ini yang harus dipertimbangkan. Mereka langsung menggunakan sesuai dengan kebutuhannya," kata Anies.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: