Mengapa ada Hari Kanker Sedunia? Ini kata Guru Besar FIKES Esa Unggul

Mengapa ada Hari Kanker Sedunia? Ini kata Guru Besar FIKES Esa Unggul

Hari kanker sedunia 4 Februari 2024--

Prof. Maksum menganjurkan untuk pencegahan penyakit kanker antara lain adalah dengan menerapkan gaya hidup aktif dan pola hidup sehat guna mengurangi risiko terkena kanker.

Aktif berolahraga seraca rutin dan upayakan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Penting untuk diingat bahwa faktor individu, seperti genetika dan usia, juga berperan dalam risiko kanker.

Beberapa hal yang perlu diketahui untuk pencegahan kanker abtara lain adalah, diet sehat dengan mengonsumsi beragam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan; batasi daging merah dan daging olahan; pilih sumber protein tanpa lemak.

Selain itu, usahakan untuk olahraga secara rutin dan menjaga berat badan yang sehat. Hindari merokok dan paparan asap rokok, hindari paparan sinar matahari berlebihan untuk mengurangi risiko kanker kulit, serta hindari paparan karsinogen lingkungan.

“Vaksinasi untuk mencegah infeksi virus yang dapat meningkatkan risiko kanker, seperti human papillomavirus (HPV) dan virus hepatitis B dapat dilakukan untuk mencegah kanker serviks dan kanker hati. Disamping itu lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk deteksi dini kanker tertentu, seperti mammogram, Pap smear, dan kolonoskopi."

Jika seseorang memiliki riwayat keluarga yang mengidap kanker, pertimbangkan untuk melakukan konseling genetik guna menilai risiko dan tindakan upaya pencegahannya”, tutup Prof. Maksum, mengakhiri perbincangan ini. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Admin

Tentang Penulis

Sumber: