Waspada! Ini 8 Makanan & Minuman Pemicu Kanker, Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Waspada! Ini 8 Makanan & Minuman Pemicu Kanker, Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Tanda Manusia Mengalami Salah Satu Kanker "Paling Mematikan"-Andrea Piacquadio-Pexels

FIN.CO.ID - Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit ini tidak muncul tiba-tiba. Tetapi ada faktor pemicunya.

Apa itu? Salah satunya makanan dan minuman yang dikonsumsi. 

Ada beberapa makanan dan minuman yang berpotensi memicu kanker. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

8 Makanan & Minuman Pemicu Kanker

1. Makanan instan

Makanan instan apalagi makanan kaleng sangat berbahaya bagi tubuh, bahkan bisa memicu kanker payudara. Bahan kimia yang ada pada makanan instan atau kaleng  kurang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Makanan yang berpengawet

Makanan berpengawet mengandung zat nitrat yang membahayakan tubuh. ini karena akan memicu kanker usus jika dikonsumsi dalam jumlah tak wajar.

Makanan yang terdapat pengawet pun mempunyai kandungan garam dan lemak yang tinggi. Jika dikonsumsi akan berrisiko kanker lambung lebih meningkat.

BACA JUGA:

3. Daging merah

Beberapa penelitian menyebutkan jika daging merah yang dikonsumsi meningkatkan risiko penyakit kanker. Terutama jika dikonsumsi berlebihan.

Daging merah yang dikonsumsi dengan cara dibakar, digoreng dan dipanggang lebih memicu timbulnya risiko beberapa jenis lanker. Antara lain penyakit kanker kolesterol dan kanker lambung.

4. Makanan cepat saji

Makan makanan cepat saji  juga berpotensi kanker. Terutama jika ditambah kurangnya aktivitas fisik sehingga memicu kenaikan berat badan secara berlebihan atau obesitas.

Pengidap obesitas dapat mengalami peradangan. Nah, jika peradangan tersebut berlangsung dalam waktu yang lama akan meningkatkan pertumbuhan kanker.

5. Gorengan

Gorengan adalah olahan yang diproses dengan suhu tinggi sehingga akan menghasilkan senyawa akrilamida yang bersifat karsinogenik. Bahkan, konsumsi gorengan terlalu sering bukan hanya bisa meningkatkan risiko kanker, tapi juga diabetes tipe 2.

6. Makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan

Makanan yang tinggi gula seperti pasta, sereal manis, nasi putih, dan roti tawar dapat memicu timbulnya kanker pada tubuh. Hampir semua jenis kue mempunyai potensi serupa.

7. Makanan tinggi garam

Makanan yang asin memang melezatkan, namun hal ini bisa menjadi pemicu kanker. Garam memiliki efek karsinogenik yang bisa mendorong tumbuhnya sel kanker, terutama pada pengidap infeksi Helicobacter pylori.

8. Alkohol

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: