Mahfud Mundur dari Menko Polhukam, Jokowi: Keppresnya Kami Siapkan

Mahfud Mundur dari Menko Polhukam, Jokowi: Keppresnya Kami Siapkan

Presiden Jokowi saat memberikan tanggapan pengunduran diri Mahfud kepada wartawan di Jakarta, Jumat 2 Februari 2024.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menggodok keputusan presiden (Keppres) terkait dengan pengunduran diri Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Sebelumnya, Mahfud MD sudah menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Jokowi.

"Ya kemarin (Pak Mahfud) sudah menyampaikan surat pengunduran diri kepada saya, dan pagi hari ini keppresnya kami siapkan," kata Jokowi usai menghadiri Kongres XVI GP Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat 2 Februari 2024.

BACA JUGA:

Jokowi menilai, keputusan Mahfud untuk mundur dari jabatan Menko Polhukam merupakan sesuatu yang tidak perlu dipermasalahkan. Maka itu, dia menghormati keputusan cawapres nomor urut 3 itu.

Jokowi juga mengatakan, hingga saat ini Kepres-nye tengah dipersiapkan. Karena, kata dia, surat pengunduran diri Mahfud baru diterimanya Kamis 1 Februari 2024 sore.

"Belum. Beri waktu sehari, 2 hari, 3 hari ... 'kan baru kemarin sore surat pengunduran diri (Mahfud) diserahkan," kata Jokowi.

Mahfud MD bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 1 Februari 2024, untuk menyerahkan langsung surat pengunduran dirinya dari jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Ia juga sudah mendiskusikan langkah politiknya itu dengan pasangannya pada Pilpres 2024, Calon Presiden Ganjar Pranowo dan partai pengusung serta tim kampanye.

Namun, Mahfud menegaskan bahwa dirinya tak akan pergi meninggalkan kewajiban atau yang disebutnya colong playu sebagai Menko Polhukam hingga terbit keputusan presiden. "Sampai ada keppres. Sampai ada keppres dong. Kalau belum ada keppres lantas saya pergi, 'kan colong playu," katanya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: