Ganjar Pranowo Respect dengan Keputusan Mahfud MD Mundur dari Kabinet Jokowi

Ganjar Pranowo Respect dengan Keputusan Mahfud MD Mundur dari Kabinet Jokowi

Ganjar Pranowo-FIN/Antara-

FIN.CO.ID- Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memuji keputusan Mahfud MD yang memilih mundur dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) untuk fokus sebagai calon wakil presiden dalam pemilihan presiden 2024. 

Ganjar menilai, mundurnya Mahfud MD dari kabinet guna mengurangi potensi penyalahgunaan fasilitas negara dalam proses kampanye Pilpres. 

"Saya hormat dan respect dengan keputusan mundur Prof @mohmahfudmd untuk mengurangi potensi-potensi penyalahgunaan fasilitas negara," ujar Ganjar Pranowo melalui akun X miliknya dikutip pada 1 Februari 2024.

BACA JUGA:

Ganjar mengatakan, sikap Mahfud MD tersebut menunjukan bahwa mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mempunyai integritas yang tinggi dan bisa menjadi contoh bagi pejabat negara yang lain. 

"Ini menunjukkan integritas beliau yang sangat tinggi, mudah-mudahan keputusan ini bisa dicontoh oleh yang lain," ujar Ganjar. 

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan bertemu dengan Mohammad Mahfud Md sore ini  di Jakarta, Kamis 1 Februari 2024. 

“Nanti sore mungkin ketemu dengan Pak Mahfud,” kata Jokowi di sela-sela kegiatannya meninjau stok dan harga bahan pokok di Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah, pada Kamis 1 Februari 2024.

BACA JUGA:

Presiden Jokowi mengatakan, dirinya menghargai keputusan Mahfud MD. “Ya itu hak demokrasi,” tutur Jokowi.

Sebelumnya Mahfud MD mengaku telah mempersiapkan surat pengunduran diri dari jabatan Menko Polhukam. Surat itu akan diberikan secara langsung ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. 

"Surat ini akan disampaikan begitu saya mendapat jadwal bertemu dengan presiden, tapi saya bawa terus, begitu saya diberi waktu saya langsung sampaikan surat ini," ujar Mahfud MD kepawa wartawan di Lampung, Rabu 31 Januari 2024. 

Mahfud MD mengungkapkan, dirinya inging menyerahkan surat pengunduran diri dan pamit secara baik-baik ke Presiden Jokowi secara langsung,  sebab dirinya dipercaya sebagai Menko Polhukam juga dengan cara yang terhormat. 

"Kenapa saya harus mengambil momentum penting, untuk menyampaikan langsung kepada Presiden Jokowi karena saya dulu diangkat dengan penuh kehormatana dengan kepercayaan, saya dipercaya oleh beliau dengan sungguh-sungguh dan saya percaya juga kepada beliau bahwa beliau menugaskan saya, sehingga saya bekerja dengan hati-hati dan insya Allah baik selama 4 setengah tahun terakhir ini," kata Mahfud MD. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: