Prof Mahfud MD Akan Mundur dari Menko Polhukam, Ini Respon Singkat Jokowi

Prof Mahfud MD Akan Mundur dari Menko Polhukam, Ini Respon Singkat Jokowi

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menko Polhukam Mahfud MD sebelum memimpin rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (12/2/2020).-ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan-

FIN.CO.ID - Prof Mahfud MD menyatakan akan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) di Kabinet Indonesia maju pada Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

Terkait pernyataan calon presiden (cawapres) nomor urut 03 Mahfud MD yang berencana mundur dari jabatannya sebagai Menko Polhukam, Presiden Jokowi memberikan respon singkat.

Jokowi mengatakan menghargai keputusan Mahfud MD yang akan mundur dari jabatannya sebagai Menko Polhukam.

Menurut Jokowi keputusan Mahfud MD merupakan hak pribadi.

"Ya itu hak dan saya sangat menghargai," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, 24 Januari 2024.

BACA JUGA:

Sebelumnya Mahfud MD mengaku akan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Hal itu dia sampaikan dalam acara dialog dengan generasi muda yang disebut 'Tabrak Prof' di rumah makan Borjuis, Jalan Kapten Piere Tendean, Semarang, Selasa 23 Januari 2024.

"Saya pada saatnya yang tepat nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik," kata Mahfud MD. 

BACA JUGA:

Pernyataan dari Mahfud MD itu untuk menanggapi pertanyaan peserta yang mempertanyakan kepastian Mahfud MD untuk mundur dari kabinet Presiden Jokowi sebagaimana disarankan oleh Capres Ganjar Pranowo. 

"Apa yang disampaikan Pak Ganjar sore ini adalah kesepakatan saya dengan Pak Ganjar sejak awal," ujar Mahfud.

Mahfud mengatakan, saat ini dirinya sedang menyelesaikan tugas negara. Sehingga dirinya hanya tinggal menunggu momen yang tepat untuk mundur dari Istana. 

"Tinggal menunggu momentum, karena ada sesuatu tugas negara yang harus saya jaga jangan sampai kacau, apa yang sudah jadi harus saya jaga dalam rangka transisi dan saya menghormati Presiden Jokowi yang mengangkat saya 4,5 tahun yang lalu dengan penuh ketulusan," ucap Mahfud.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: