Mahfud Mundur dari Menko Polhukam, TB Hasanuddin: Keteladanannya Patut Dicontoh Jokowi

Mahfud Mundur dari Menko Polhukam, TB Hasanuddin: Keteladanannya Patut Dicontoh Jokowi

Cawapres Mahfud MD saat debat keempat Pilpres 2024-M Risyal Hidayat-ANTARA

FIN.CO.ID - Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn) Tubagus Hasanuddin mengapresiasi keputusan calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD untuk mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) di Kabinet Indonesia Maju (KIM). Menurut dia, sikap yang ditunjukkan oleh Mahfud MD merupakan satu bentuk keteladanan dan etika saat seseorang mengikuti kontestasi politik.

"Saya melihat ini merupakan sebuah keteladanan yang ditunjukkan oleh seorang Mahfud MD dan patut dicontoh oleh aparatur negara lainnya. Bahkan termasuk presiden sekalipun untuk mundur dari jabatannya ketika terlibat langsung dalam kontestasi politik dan berkampanye," tutur Hasanuddin saat dikonfirmasi wartawan, Rabu 24 Januari 2024.

BACA JUGA:

Hasanuddin berharap, sikap ini juga diikuti pasangan calon (paslon) capres cawapres lainnya yang saat ini masih menjabat sebagai aparatur negara atau pembantu presiden. Hal ini, tegas Hasanuddin, penting dilakukan agar penyelenggaraan pemilihan umum berlangsung jujur dan adil.

"Tentu rawan terjadi konflik kepentingan jika seorang capres atau cawapres masih tetap menduduki jabatan publik seperti menteri, gubernur, dan bupati/wali kota. Saat ini  juga sudah terlihat negara tidak netral dalam penyelenggaraan pemilu. Ada pengerahan aparat, perangkat desa dikumpulkan, dan sebagainya," tuturnya.

Sebelumnya, Mahfud MD memastikan dirinya akan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam)  di Kabinet Indonesia Maju (KIM). 

Hal tersebut diambil sebagai bentuk protes sekaligus kritik moral dan disampaikan dalam acara 'Tabrak Prof!' di Semarang, Selasa 23 Januari 2024. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: