Beredar Rekaman Surya Paloh Marahi Anies, NasDem Pastikan Hoaks, Diduga Pakai Suara AI

Beredar Rekaman Surya Paloh Marahi Anies, NasDem Pastikan Hoaks, Diduga Pakai Suara AI

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh didampingi jajaran pengurus partai memberikan keterangan pers di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Kamis (5/10/2023)-ANTARA FOTO/Galih Pradipta-

FIN.CO.ID- Beredar sebuah video yang dinarasikan sebagai percakapan antara Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dan capres nomor urut 1 Anies Baswedan melalui sambungan telepon. 

Dalam rekaman itu terdengan suara yang dinilai mirip Surya Paloh sedang memarahi seeorang yang disebut suaranya mirip Anies Baswedan. Percakapan tersebut terkait debat Capres dan Cawapres.

Dalam video tersebut Surya Paloh seolah memarahi Anies Baswedan lantaran memaparkan data yang tidak valid saat debat Capres.

Berikut dialog rekaman suara yang dinarasikan antara Anies dan Surya Paloh:

Suara yang dianggap mirip Anies: "Saya sudah berusaha sekuat tenaga, pas di debat saya juga mati-matian untuk ngambil perhatian masyarakat".

BACA JUGA:

Suara yang mirip Surya Paloh: "Ya tetap aja, tapi data mu itu ngawur bilang angin nggak punya KTP segala saya yang malu haduh Nies," 

Suara yang dianggap mirip Anies: : "Itu saya berusaha kalem aja buat ngeles"

Suara yang mirip Surya Paloh "Kesalahan masa lalu kamu itu kebanyakan sih, saya juga merasa dibohongin nih sama Mimin, di awal dia janjiin banyak banget hal sampai maunya jadi ketua tapi malah zonk".

Suara yang dianggap mirip Anies: "Pak kesalahan itu sudah saya tutup tutupin kalau soal Cak Mimin saya juga sebenarnya capek pak".

Suara yang mirip Surya Paloh: "Coba minta mulutnya diam aja, percuma saya angkat wakil kalau enggak ada gunanya makin kelihatan kan kerenannya Gibran."

BACA JUGA:

Faktanya Hoaks

Video rekaman tersebut ikut X disebar oleh akun Partai NasDem dan dipastikan video hoaks atau tidak benar. 

"Waspada Hoax ya kakak-kakak semua.  Beredar video suara rekaman palsu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Capres 01 Anies Baswedan.  Sekali lagi, Partai NasDem tegaskan itu tidak benar dan merupakan fitnah yang amat keji," tulisnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: