Mengenal Kecanggihan Snapdragon 7s Gen 2 di POCO X6 5G yang Baru Dirilis

Mengenal Kecanggihan Snapdragon 7s Gen 2 di POCO X6 5G yang Baru Dirilis

Snapdragon --

FIN.CO.ID- POCO baru saja merilis ponsel barunya awali tahun 2024. Yakni POCO X6 5G dengan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2. Seri 7 chipset besutan Qualcomm ini merupakan chipset kelas atas yang memiliki performa kencang dengan dilengkapi fitur-fitur flagship.

"Snapdragon 7s Gen 2 ini menunjukkan alternatif buat para APM seperti Poco yang membuat smartphone yang memiliki kemampuan dan performa yang oke. Snapdragon 7s gen 2 ini memiliki lima hal utama," ujar Senior Business Development Qualcomm Indonesia Dominikus Susanto di Jakarta, Selasa 16 Januari 2024. 

Chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 merupakan chipset kelas menengah yang diproduksi oleh Qualcomm Technologies, Inc. Chipset ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Agustus 2023 dan digunakan untuk pertama kalinya pada smartphone POCO X6 5G.

BACA JUGA:

Snapdragon 7s Gen 2 dibangun di atas fabrikasi 4 nm, yang merupakan fabrikasi paling mutakhir saat ini. Fabrikasi 4 nm memungkinkan chipset untuk lebih efisien dalam penggunaan daya, sehingga dapat memberikan performa yang lebih baik tanpa mengurangi masa pakai baterai.

Snapdragon 7s Gen 2 mengusung CPU Kyro octa-core yang terdiri dari empat core Cortex-A78 dengan kecepatan hingga 2,4 GHz dan empat core Cortex-A55 dengan kecepatan hingga 1,95 GHz. CPU ini diklaim dapat memberikan performa yang dinamis sekaligus mulus untuk berbagai aplikasi dan game.

Selain itu, Snapdragon 7s Gen 2 juga mengusung GPU Adreno 660 yang diklaim dapat memberikan visual yang optimal dan bebas patah-patah untuk pengalaman bermain game yang lebih immersive.

Dari sisi performa, Snapdragon 7s Gen 2 ditunjang oleh efisiensi daya yang optimal karena dibangun di atas fabrikasi 4 nm. Oleh karena itu, chipset dengan arsitektur 64-bit yang mengusung CPU Kyro octa-core ini diklaim dapat menghasilkan performa dinamis sekaligus mulus dengan kecepatan hingga 2,4 GHz.

Pembagian delapan core tersebut yakni 4 core performa dengan clock speed hingga 2,4 GHZ dan 4 core efisiensi hingga 1,95 GHz.

BACA JUGA:

Chipset ini juga didukung oleh Qualcomm Hexagon NPU generasi terbaru yang diklaim mampu meningkatkan performa "jaringan syaraf" kecerdasan buatan (AI) pada Snapdragon 7s Gen 2.

Hasilnya, ponsel pintar yang menggunakan chipset ini kita akan selalu siap menerima perintah dengan cerdas berkat Qualcomm AI Engine yang di optimasi, membantu dalam navigasi, pemanfaatan fitur kesehatan, musik, dan pada berbagai aplikasi lain secara cepat dengan Qualcomm Sensing Hub.

AI juga berefek positif pada sektor kamera, melalui Qualcomm Low Light yang menghasilkan foto maupun video yang tajam dan terang. Di sisi lain, teknologi noise cancellation berbasis membuat suara terdengar jelas saat melakukan panggilan video.

Snapdragon 7s Gen 2 juga menawarkan pengalaman gaming yang mulus. GPU Qualcomm Adreno dapat menghasilkan visual yang optimal dan bebas patah-patah, didukung oleh berbagai fitur dari Snapdragon Elite Gaming yang menyempurnakan setiap tampilan, suara, dan strategi saat bermain game.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: