Timnas AMIN Minta Bawaslu Usut Video Gus Mifta yang Viral Bagi-Bagi Duit ke Warga

Timnas AMIN Minta Bawaslu Usut Video Gus Mifta yang Viral Bagi-Bagi Duit ke Warga

Prabowo Subianto dan Gus Miftah di Yogyakarta--Instagram @Prabowo

FIN.CO.ID- Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) ikut merespon video dari Miftah Maulana Habiburrohman alias Gus Miftah yang viral sedang membagi-bagi uang kepada warga. 

Video Gus Miftah bagi-bagi uang itu viral diduga dilakukan di Pemekasan, Madura, Jawa Timur. Nampak dalam video itu ada salah satu warga yang memegang kaos hitam bergambar capres nomor 2 Prabowo Subianto. 

Juru Bicara Timnas AMIN Iwan Tarigan meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar segera melakukan investigasi terkait dengan video tersebut agar masyarakat bisa percaya dengan lembaga penyelenggara pemilu.

"Agar semua jelas dan terang benderang, Bawaslu wajib melakukan investigasi dan pengawasan supaya kepercayaan kepada lembaga penyelenggara pemilu ini meningkat kembali," ujar Juru Bicara Timnas AMIN Iwan Tarigan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad 31 Desember 2023. 

BACA JUGA:

Iwan beranggapan apa yang dilakukan oleh Gus Miftah tersebut terindikasi tindakan politik uang (money politics).

Hal itu lantaran pada tanggal 8 September, Gus Miftah mendapat surat tugas dari Prabowo Subianto untuk melakukan silaturahmi dengan kiai dan masyarakat di Yogyakarta.

"Artinya dengan surat tugas tersebut patut diduga uang yang dibagikan oleh Gus Miftah di Pamekasan adalah money politics untuk mendapat suara kiai dan pesantren di Jateng dan di Jatim," katanya.

Apabila tidak ada tindakan maupun investigasi oleh Bawaslu, menurut Iwan, hal itu akan mencederai proses demokrasi yang berlangsung.

"Apabila hal tersebut dibiarkan, kualitas Pemilu 2024 menjadi tidak lebih baik," katanya.

Sebelumnya, Miftah Maulana Habiburrohman atau Gus Miftah, angkat bicara terkait video viral dirinya sedang bagi-bagi uang kepada warga di Madura. 

BACA JUGA:

Gus Miftah menjelaskan, uang yang dia bagikan bukan berasal darinya. Tetapi itu uang milik pengusaha kaya Pamekasan bernama Haji Her yang dibagi dengan niat bersedekah.

"Haji Her, pengusaha kaya Pamekasan tiap hari bagi sedekah di pasar, di sawah, pesantren, dan lain-lain. Kemarin saya silaturrahmi ke beliau," kata Gus Miftah saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 29 Desember 2023.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: