Ini Respon Gus Miftah Soal Video Bagi-Bagi Uang hingga Dituduh Money Politic

Ini Respon Gus Miftah Soal Video Bagi-Bagi Uang hingga Dituduh Money Politic

Gus Miftah Viral Bagi-Bagi Uang ke Warga, Untuk Dukung Prabowo? --

FIN.CO.ID- Anggota Tim Kemenangan (TKN) Prabowo-Gibran, Miftah Maulana Habiburrohman atau Gus Miftah, angkat bicara terkait video viral dirinya sedang bagi-bagi uang kepada warga di Madura. 

Vidoe bagi-bagi uang itu dinilai sebagai money poitic lantaran ada seseorang pria mengangkat kaos hitam bergamar Prabowo Subianto dan berteriak nama capres nomor urut 2 itu. 

Namun Gus Miftah menjelaskan, uang yang dia bagikan bukan berasal darinya. Tetapi itu uang milik pengusaha kaya Pamekasan bernama Haji Her yang dibagi dengan niat bersedekah.

"Haji Her, pengusaha kaya Pamekasan tiap hari bagi sedekah di pasar, di sawah, pesantren, dan lain-lain. Kemarin saya silaturrahmi ke beliau," kata Gus Miftah saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 29 Desember 2023. 

BACA JUGA:

Dia menyebut saat itu Haji Her meminta dirinya untuk membantu membagikan sedekahnya.

"Beliau pas mau sedekah saya diminta ikut membagikan sedekahnya," ucap dia.

Gus Miftah juga membantah melakukan politik uang seperti yang dinarasikan di media sosial. "Bukan, beliau (Haji Her) tiap hari sedekah," ujar dia.

Sekedar diketahui, menggunakan politik uang alias money politic merupakan kegiatan yang dilarang dalam konstitusi. 

Larangan politik uang tertuang pada Pasal 278 ayat (2), 280 ayat (1) huruf j, 284, 286 ayat (1), 515 dan 523 UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Seperti Pasal 280 ayat (1) huruf j menyebutkan, “Penyelenggara, peserta hingga tim kampanye dilarang menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta kampanye pemilu”. 

BACA JUGA:

Dibeeritakan fin sebelumnya, video GUs Miftah bagi-bagi uang itu viral di media sosial. Nampak Gus Miftah dikerumuni warga. Sementara di depannya terlihat ibu-ibu sedang antri untuk diberikan uang Rp50.000.

Video 1.13 menit itu, nampak juga terlihat seseorang mengangkat kaos hitam bergambar Prabowo Subianto. Pria tersebut berteriak nama Prabowo sambil mengangkat kaos itu. 

Tidak ada reaksi dari Gus Miftah. Pria yang khas dengan kacamata hitam dan blangkon ini hanya nampak sibuk membagi-bagi uang ke warga yang antri.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: