Begini Arti Nepo Baby yang Ditujukan ke Gibran

Begini Arti Nepo Baby yang Ditujukan ke Gibran

Presiden Joko Widodo dan Gibran Rakabuming Raka--fin.co.id

FIN.CO.ID- Media asing Aljazeera menyebut calon waki presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka sebagai Nepo Baby. Lantas apa arti dari Nepo Baby? Simak penjelasannya. 

Nepo baby terdiri dari dua kata. Nepo artinya nepotisme. Baby artinya bayi. Nepo Baby adalah istilah yang mengacu pada seseorang yang mencapai kesuksesan dan ketenarannya karena pengaruh keluarga.

Istilah ini berasal dari kata "nepotisme", yang berarti memberikan kekuasaan atau keuntungan kepada anggota keluarga, tanpa memperhatikan kualifikasi atau kemampuan mereka.

Nepo baby sering dikaitkan dengan industri hiburan, di mana anak-anak dari artis atau selebritas terkenal sering kali mendapatkan peran atau kesempatan yang lebih mudah daripada orang lain. 

BACA JUGA:

Misalnya, anak dari seorang sutradara terkenal mungkin lebih mudah mendapatkan peran dalam film yang disutradarai ayahnya.

Istilah nepo baby juga dapat digunakan untuk merujuk pada orang-orang yang mencapai kesuksesan dalam bidang lain, seperti politik, bisnis, atau olahraga. Misalnya, anak dari seorang politisi terkenal mungkin lebih mudah mendapatkan posisi di pemerintahan.

Istilah nepo baby sering kali digunakan secara negatif, karena dianggap tidak adil bagi orang-orang yang harus bekerja keras untuk mencapai kesuksesan. 

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa nepotisme dapat menjadi cara untuk mempertahankan kesuksesan keluarga.

BACA JUGA:

Secara umum, nepotisme adalah praktik yang kontroversial. Ada pro dan kontra untuk praktik ini, dan setiap orang harus memutuskan sendiri apakah mereka setuju atau tidak dengan praktik ini. 

Sebelumnya Aljazeera- media terbesar dunia yang berbasis di Qatar- menerbitkan artikel yang djberi judul: Indonesian leader’s son brushes off ‘nepo baby’ tag in feted debate showing. (Putra pemimpin Indonesia menepis sebutan ‘nepo baby’ dalam acara debat yang meriah). 

Mereka menyoroti keikutsertaan Gibran dalam Pilpres dengan melangkahi etika di Mahkamah Konstitusi (MK). Meski begitu, Aljazeera dalam artikelnya menyebut Gibran menguasai debat Cawapres yang digelar pada 22 Desember lalu. 

"Saat para calon wakil presiden naik ke panggung untuk debat presiden kedua yang disiarkan televisi pada hari Jumat, semua mata tertuju pada Gibran Rakabuming Raka – mungkin calon wakil presiden paling kontroversial dalam sejarah Indonesia" tulis Aljazeera, dilansir fin pada Selasa 26 Desember 2023.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: