7 Tahun Berlayar, Ini Lautan Prestasi Pertamina International Shipping yang Membanggakan Indonesia

7 Tahun Berlayar, Ini Lautan Prestasi Pertamina International Shipping yang Membanggakan Indonesia

--

FIN.CO.ID- Tepat berusia 7 tahun, PT Pertamina International Shipping (PIS) selaku Sub Holding Integrated Marine Logistics dari PT Pertamina (Persero) telah mencatat sejumlah prestasi membanggakan, yang tidak hanya membanggakan Indonesia tapi juga sukses mengharumkan merah putih di kancah dunia. 

“Tujuh tahun berlayar, PIS terus mencatat prestasi membanggakan mulai dari menyokong ketahanan energi nasional, hingga mengharumkan industri maritim Indonesia di kancah global. Di tahun 2023 ini, PIS mengusung transformasi dan sukses menaikkan _revenue_ dan mencetak laba signifikan, ekspansi market global kian masif untuk menambah porsi non-captive, serta rute internasional yang kini berlipat ganda,” ujar CEO PIS Yoki Firnandi, Sabtu (23/12).

Terdapat 7 prestasi signifikan yang menjadi tolak ukur keberhasilan kinerja PIS selama ini, yakni; 

1. Pengelolaan armada dengan jumlah tanker terbesar di Asia Tenggara

PIS saat ini mengoperasikan sebanyak 329 armada tanker, di mana 95 tanker merupakan kapal milik dan sebanyak 59 tanker telah memenuhi kualifikasi internasional untuk berlayar di mancanegara. Dengan ratusan armada tanker ini, PIS menjadi perusahaan perkapalan dengan pengelolaan armada tanker terbesar di Asia Tenggara. 

BACA JUGA:

Beberapa tanker raksasa yang dimiliki PIS bahkan masuk dalam jajaran kapal tanker raksasa dunia, yakni; VLCC Pertamina Pride, VLCC Pertamina Prime, VLCC Pioneer, dan yang terbaru adalah kapal LPG dual tanker ramah lingkungan pertama di Indonesia yaitu VLGC Pertamina Gas Amaryllis. 

“PIS masih akan menambah armadanya secara signifikan di tahun mendatang, untuk mewujudkan visi menjadi yang terdepan di Asia,” jelas Yoki. 

2. Urat nadi virtual distribusi energi Indonesia

Penambahan armada tanker PIS tidak hanya untuk mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan di market global, tetapi juga untuk menyokong ketahanan energi nasional. 


Indonesia yang dikelilingi oleh lautan memiliki tantangan tersendiri dalam mendistribusikan energi yang merata hingga ke pelosok tanah air. Ratusan kapal PIS dalam setahun terhitung bisa mendistribusikan energi berupa minyak mentah dan BBM sebanyak 1,5 miliar hingga 1,6 miliar liter. Memastikan energi bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat yang berada di Indonesia. 

3. Berlayar di 50 rute internasional

PIS terus mendorong peningkatan kualitas armada tanker untuk memenuhi standar global. Sejumlah kapal PIS sukses mendapatkan sertifikasi internasional mulai dari Paris MoU, SIRE, USCG dan lainnya. 

“Kapal-kapal PIS sukses mengibarkan bendera merah putih di pelabuhan-pelabuhan mancanegara, seperti Amerika dan Eropa. Ini membuktikan pelaut-pelaut PIS memiliki kualitas yang tak perlu diragukan untuk bersaing di internasional.”

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: