Roy Suryo Soroti Gibran yang Pakai Tiga Mic Sekaligus, Ini Penjelasan Ketua KPU

Roy Suryo Soroti Gibran yang Pakai Tiga Mic Sekaligus, Ini Penjelasan Ketua KPU

Gibran Rakabuming Raka saat Debat Cawapres--

FIN.CO.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) merespon tudingan dari pengamat multimedia dan telematika Roy Suryo yang menduga cawapres Gibran Rakabuming Raka menggunakan alat bantu saat debat cawapres pada Jumat kemarin 22 Desember 2023.

Roy Suryo soroti Gibran yang menggunakan tiga mic sekaligus dalam debat. Yakni clipon, hand held dan headset. Roy bilang bahwa berbeda dengan cawapres Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar yang hanya menggunakan satu mic. 

Menanggapi itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, para cawapres yang mengikuti debat kedua Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) itu menggunakan alat mikrofon yang sama.

"Semua cawapres pakai alat yang sama. Semua cawapres pakai 3 mik untuk mengantisipasi ada mik yang mati," kata Hasyim dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu malam 23 Desember 2023.

BACA JUGA:

Hasyim juga menegaskan Gibran tak menggunakan ear feeder atau pengumpan telinga. Ia menjelaskan bahwa alat yang berada di telinga para cawapres merupakan cantolan mik.

"Bukan ear feeder Itu mik yang ditempel di pipi dan dicantolkan di kuping," ungkapnya.

"Semua cawapres bisa ditanya dan juga stasiun TV penyelenggara debat, dan juga tim paslon yang berada di holding-room saat pemasangan mik, bisa ditanya," jelas dia.

Hasyim memastikan debat cawapres berlangsung dengan adil dan spontan. Ia menyayangkan analisis Roy Suryo yang keliru.

"Saya sebagai penyelenggara juga tahu dan siap tanggung jawab," ucap Hasyim.

"Debat spontan, tidak mungkin didikte, mendengarkan bisikan atau baca contekan. Roy Suryo memang tukang fitnah," pungkasnya.

BACA JUGA:

Sebelumnya, Roy Suryo menulis dugaan Gibran menggunakan alat bantu melalui akun X miliknya, @KRMTRoySuryo1, Jumat 22 Desember 2023.

"Kemarin sudah saya duga, untuk menghindari cheating, sebaiknya next KPU adil," cuit Roy Suryo. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: