Mengenal SGIE yang Bikin Cak Imin Bingung saat Ditanya Gibran Dalam Debat Cawapres 2024

Mengenal SGIE yang Bikin Cak Imin Bingung saat Ditanya Gibran Dalam Debat Cawapres 2024

Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar dalam debat pilpres 2024 di JCC, Jakarta 22 Desember 2023--antara

FIN.CO.ID - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau disapa Cak Imin dibuat bingung mengenai istilah SGIE saat Debat pilpres  2024.

Dalam debat pilpres  pada Jumat 22 Desember 2023. Cawapres no urut 2, Gibran Rakabuming Raka bertanya kepada Cak Imin mengenai SGIE.

"Apa itu (SGIE)," tanya Cak Imin

Cak Imin yang tak paham istilah yang dimaksud Gibran, cawapres no urut 2 langsung memaparkan apa itu SGIE.

"Kita kan sedang fokus mengembangkan ekonomi syariah, keuangan syariah, otomatis kita harus mengerti juga masalah SGIE. SGIE itu adalah State of the Global Islamic Economy," kata Gibran.

BACA JUGA:

Pada kesempatan itu, Gibran meminta maaf kepada Cak Imin apabila pertanyaannya itu terlalu sulit.

Dia pun menyebutkan bahwa saat ini sejumlah produk halal Indonesia telah masuk peringkat 10 besar.

"Misalnya, sekarang yang sudah masuk peringkat 10 besar adalah makanan halal kita, skincare halal kita, fesyen kita. Itu yang saya maksud, Gus. Dan, ya, mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya Gus," katanya.

Cak Imin langsung merespons Gibran dengan menyatakan bahwa peringkat Indonesia di SGIE mesti ditingkatkan karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia.

"Posisi kita, yang masih di bawah ini, membutuhkan langkah-langkah penting agar yang disebut SGIE ini kita bisa menaikkan peringkat kita," katanya.

Menurut Cak Imin, langkah untuk menaikkan peringkat SGIE tersebut adalah dengan menyiapkan seluruh perangkat regulasi agar industri halal dapat berkembang.

"Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Yang pertama yang harus dilakukan pemerintah adalah menyiapkan seluruh perangkat regulasi agar tumbuh kembang seluruh industri halal, termasuk bagaimana membantu sertifikasi secara murah bahkan gratis, terutama bagi UMKM kita," ucap Muhaimin.

Lantas apa itu State of the Global Islamic Economy yang biking Cak Imin kebingungan?

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: