Serangan Balik Gibran Jawab Pertanyaan Mahfud dan Cak Imin saat Bahas IKN hingga Selebrasi

Serangan Balik Gibran Jawab Pertanyaan Mahfud dan Cak Imin saat Bahas IKN hingga Selebrasi

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka didampingi istri tiba untuk mengikuti debat kedua cawarpres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat Cawapres 2024 mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi dig-ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja-

fin.co.id - Debat sesi kedua calon wakill presiden (cawapres) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di JCC, Jakarta awalnya berlangsung normatif. 

Hanya saja, setelah sesi kedua, debat semakin 'panas'. Bahkan, cawapres Gibran Rakabuming kembali terlihat berselebrasi atau memberikan kode 'provokatif' kepada pendukungnya setelah sesi tersebut selesai. 

Di sesi kedua, ketika bahasan terkait APBN diprioritaskan untuk infrastruktur atau pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang disampaikan cawapres Gibran Rakabuming Raka, debat semakin seru. 

Gibran menyampaikan, dalam pengelolaan APBN terkait infrastruktur dan pengembangan SDM harus dilakukan secara paralel. 

BACA JUGA:Jokowi Khawatirkan Komoditas Pangan Dalam Negeri Tahun 2024

Menurutnya, pembangunan infrastruktur termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak harus menggunakan APBN. Gibran menyebut, bisa menggaet investor dalam pembangunan IKN tersebut. 

"Dalam membangun IKN kita tidak harus mengandalkan APBN, kita bisa menggaet investor. Termasuk dari luar negeri," kata Gibran saat Debat, Jumat 22 Desember 2023. 

Kemudian, dalam membangun SDM, Gibran melanjutkan, perlunya penanganan khusus dalam membangun SDM agar bisa mengikuti perkembangan zaman. 

Gibran menyebut, perlu generasi yang adaptif untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. 

BACA JUGA:Jelang Debat Cawapres, Anies 'Nyamper' Cak Imin, Gibran ke Rumah Prabowo, Mahfud Pakai Baju Madura

"SMK-SMK perlu diberikan alat-alat yang memang dibutuhkan agar genrasi ke depan bisa mengikuti perkembangan zaman," bebernya. 

Cawapres Mahfud MD secara tegas menanyakan investor yang sudah pasti dan akan investasi di IKN Nusantara. 

"Sejauh ini, belum ada satupun investor yang masuk. Tolong sebutkan satu saja investor yang masuk. Karena sejauh ini pembangunan IKN hanya bersumber dari APBN," tanya Mahfud ke Gibran. 

Kemudian, cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga 'menyentil' Gibran soal pembangunan IKN. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: