Dewas Lanjut Sidang Etik Firli Bahuri Meski Telah Mundur Diri dari KPK

Dewas Lanjut Sidang Etik Firli Bahuri Meski Telah Mundur Diri dari KPK

Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorongan Panggabean Foto : Fakta --

FIN.CO.ID- Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan akan tetap melanjutkan sidang etik terhadap Firli Bahuri meskipun dirinya telah mengundurkan diri sebagai Ketua KPK.

Sebagaimana dijadwalkan Dewas KPK, sidang lanjutan pemeriksaan terhadap saksi akan digelar hari ini, Jumat 22 Desember 2023. Pemeriksaan kali ini terhadap para pihak yang melaporkan Firli Bahuri ke Dewas KPK.

"Pemeriksaan tiga orang pelapor," kata anggota Dewas KPK Albertina Ho, dikutip dari Antara, Jumat 22 Desember 2023.

Albertina mengatakan salah satu pihak pelapor yang dipanggil untuk dimintai keterangan adalah Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman.

BACA JUGA:

Sebelumnya, Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean menegaskan pihaknya akan terus melanjutkan sidang kode etik terhadap Firli Bahuri.

Menurut Tumpak, pengunduran diri Firli belum sah karena belum ada keputusan presiden (keppres) yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

"Sidang tetap berjalan karena belum ada keppresnya," kata Tumpak Hatorangan.

Firli Bahuri Mundur dari Ketua KPK. 

Sebelumnya, Firli Bahuri menyatakan mengundurkan diri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis malam 21 Desember 2023. Firli Bahuri akui tidak berkeinginan untuk memperpanjang masa jabatannya. 

"Saya mengakhiri tugas saya sebagai Ketua KPK, dan saya menyatakan berhenti, dan saya juga menyatakan tidak berkeinginan untuk memperpanjang masa jabatan saya," kata Firli di Gedung Pusat Pendidikan Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan. 

Firli mengatakan pengunduran dirinya telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta kepada jajaran pimpinan KPK dan Dewan Pengawas (KPK).

BACA JUGA:

Firli mengatakan pengunduran dirinya setelah 4 tahun mengabdi sebagai pimpinan KPK adalah demi stabilitas bangsa jelang tahun politik 2024.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Kementerian Sekretariat Negara telah menerima surat dari Firli Bahuri kepada Presiden, yang menyampaikan pengunduran dirinya dari jabatan Ketua dan Pimpinan KPK.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: