Akui Risih Sebut Amin Saat Ibadah, Fahri Hamzah Minta KPU Larang Penggunaan Simbol Agama Dalam Politik

Akui Risih Sebut Amin Saat Ibadah, Fahri Hamzah Minta KPU Larang Penggunaan Simbol Agama Dalam Politik

Fahri Hamzah-@Fahrihamzah-Twitter

FIN.CO.ID- Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menilai, penggunaan simbol-simbol agama dalam singkatan politik tidak bagus karena akan memicu pertengkaran. 

Pernyataan itu menyusul adanya guyonan dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang menyebut masyarakat saat ini tidak mau menggunakan kata 'amin' dalam salat.

Hal ini lantaran kata amin kini dipakai oleh pasangan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang disingkat AMIN. 

"Memang sebaiknya singkatan politik beginian gak bagus. Kita terseret pertengkaran yang gak perlu," kata Fahri Hamzah di akun X miliknya, @Fahrihamzah, dikutip pada Kamis 21 Desember 2023. 

Fahri Hamzah mengatakan, harusnya ada aturan dari Komisi Pemilihan Umu (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar para paslon tidak menggunakan simbol-simbol agama untuk singkatan politik.

"Sejak awal KPU dan Baswalu harusnya membuat agar penggunaan “simbol agama” dalam politik kita hindari," tegas Fahri Hamzah.

BACA JUGA:


Fahri Hamzah--X @Fahrihamzah

Menurutnya, KPU dan Bawaslu masih punya waktu untuk membuat aturan itu. Sebab menurutnya, agama adalah rana yang suci yang tak patut dipakai untuk tujuan politik.

"Agama adalah alat bersatu yang suci maka jangan dipakai untuk tujuan yang lahirkan sengketa.  Belum terlambat sih kalau mau melarang. Demi kebaikan bersama," kata Fahri Hamzah. 

Sebagai umat Islam, Fahri Hamzah mengaku risih jika dalam salat ada kata-kata atau kalimat dalam ibadah yang saat ini dipakai dalam politik.

"Sebagai umat beragama yang melaksanakan ibadah rutin (mahdah), risih rasanya jika dalam ibadah kita ada kata-kata atau kalimat dalam ibadah yang suci tersebut menjadi permainan politik. Maka sebaiknya ada regulasi  sejak awal yang melarangnya sebagai klaim afiliasi politik.  Mari dewasa," ujarnya. 

BACA JUGA:

Zulkifli Hasan Jadi Sorotan


Zulkifli Hasan saat mengeluarkan candaan tentang solat--twitter

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: