Disindir Prabowo 'Ndasmu Etik', Begini Respon Menohok Anies Baswedan

Disindir Prabowo 'Ndasmu Etik', Begini Respon Menohok Anies Baswedan

Anies menjawab serangan Prabowo dalam debat capres perdana pada Selasa malan 12 Desember 2023.--

FIN.CO.ID- Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan merespon Prabowo Subianto yang menyebutnya dengan umpatan 'ndasmu etik.' 

Anies tidak mempermasalahkan umpatan capres nomor urut 2 tersebut. Anies menilai, pernyataan Prabowo benar karena atik itu mulai dari kepala. 

"Memang etik itu mulainya dari kepala, kalau kepala tidak mengikuti etika apalagi yang di bawahnya," ujar Anies di sela kampanye di Morowali, Sulawesi Tengah, Sabtu, 16 Desember 2023.

Anies membenarkan ucapan Prabowo tersebut. "Jadi memang benar mulainya dari kepala dan dengan begitu yang di bawah akan ikut, itu saja," kata Anies. 

BACA JUGA:

Sebelumnya, umpatan Prabowo itu tersebar di X berupa video 1 menit 5 detik. Nampak Prabowo Subianto berbicara di podium berhadapan dengan para kader Gerindra peserta Rakornas. 

Ketua Umum Partai Gerindra itu terlihat menirukan perkataan kompetitornya, Anies Baswedan, yang bertanya tentang putusan Mahkamah Konstitusi soal batas usia capres cawapres saat debat capres Selasa lalu. 

“Bagaimana perasaan Mas Prabowo, soal etik? Etik? Etik?” kata Prabowo menirukan Anies sambil menggoyang-goyangkan kepalanya.

“Ndasmu etik,” ujar Prabowo kemudian. Ucapan itu lantas disambut riuh tepuk tangan para peserta Rakornas. Mereka juga mengelu-elukan nama Prabowo setelah pernyataan tersebut.

Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan Prabowo sedang bergurau saat mengatakan “ndasmu etik” itu. 

BACA JUGA:

“Pak Prabowo senang bercanda, itu bercandaan Pak Prabowo ke kader-kader Gerindra, seribu persen becanda,” kata Dahnil melalui pesan singkat pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Menurut Dahnil, Prabowo berhubungan baik dengan dua kandidat calon presiden lainnya, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Maka dari itu, ucap Dahnil, perkataan Prabowo juga bisa diartikan sebagai seloroh ke sesama sahabat. 

Kata 'Ndasmu Etik' Dinilai Provokatif. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: