Merebak Kasus Mycoplasma Pneumonia, Ini 3 Cara Sederhana Pencegahannya

Merebak Kasus Mycoplasma Pneumonia, Ini 3 Cara Sederhana Pencegahannya

Ilustrasi penyakit pneumonia radang paru --Pixabay

"Dari muncul gejala pertama sampai bisa berpotensi sesak napas atau memburuk sekitar 3-7 hari," ungkap Ngabila.

Ngabila mengimbau kepada orang tua jika anak mengalami sakit dan sudah diobati sendiri tapi tidak membaik dalam kurun waktu 2-3 hari, sebaiknya dibawa ke dokter dan fasilitas kesehatan untuk mendapat pengobatan lebih baik.

Adapun gejala pneumonia, kata Ngabila bisa ringan dan sembuh sendiri, kecuali imunitas tubuh sedang rendah. Gejala yang muncul yakni demam cenderung tidak tinggi, kecuali infeksi campuran (mix infection) dengan virus dapat dijumpai demam tinggi di atas 40 derajat, lalu batuk, pilek, sakit tenggorokan, mual, muntah, sesak napas, mudah lelah, dan sakit kepala.

BACA JUGA:

"Komplikasi yang tidak diharapkan radang pada otak, jantung, sendi, ginjal sehingga menyebabkan gagal ginjal dan lain lain," ujar Ngabila.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta terus memantau dan meningkatkan sistem pelaporan individu setiap waktu (real time) untuk mengantisipasi kasus infeksi saluran pernafasan akut  (ISPA) dan pneumonia pada anak dan orang dewasa di Jakarta

"Pemantauan tersebut dilakukan di seluruh puskesmas dan 194 rumah sakit untuk memantau kondisi dan mendeteksi penyakit-penyakit baru dengan pemeriksaan laboratorium," kata Ngabila di Jakarta, Minggu (3/12).

Pemantauan tersebut dilakukan dengan melakukan pemeriksaan PCR atau panel virus untuk mengetahui apakah seseorang terkena virus karena kondisi imunitas yang buruk dalam menghadapi peralihan musim dari musim kemarau ke hujan.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: