Polda Metro Jaya Siap Bantu Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 hingga TPS

Polda Metro Jaya Siap Bantu Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 hingga TPS

Polda Metro Jaya siap membantu pendistribusian logistik Pemilu 2024 hingga tingkat kelurahan dan TPS.-FIN/Antara-

FIN.CO.IDPolda Metro Jaya siap membantu pendistribusian logistik Pemilu 2024 hingga tingkat kelurahan dan tempat pemungutan suara (TPS) di DKI Jakarta. Hal itu disampaikan oleh Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Pol Tory Kristianto mewakili Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto usai rapat persiapan pengamanan "setting" surat suara Pemilu 2024 di Jakarta, Sabtu 27 Januari 2024.

"Polda, Polres beserta jajaran siap membantu pendistribusian logistik sampai tingkat kelurahan dan TPS," kata Tory.

BACA JUGA:

Dia menjelaskan, nantinya tempat penyimpanan logistik akan dipantau oleh Closed Circuit Television (CCTV). Sehingga, kata dia, akan memudahkan dalam pengawasan.

"Agar distribusi logistik berjalan lancar, kami akan perbantukan Sabhara, Brimob, dan Polair apabila ada penyeberangan ke Pulau Seribu," jelasnya.

Selain itu, pihaknya akan meninjau ulang kembali tempat-tempat penyimpanan logistik yang terdapat kamera pengawas maupun tidak untuk memudahkan membantu pengawasan.

Lebih lanjut, Polda Metro Jaya juga akan membuat posko induk di Biro Ops Polda Metro Jaya dan membuat posko taktis di tempat titik rawan sebagai antisipasi. Maka itu, dia mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung dan membantu melakukan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kami minta data jumlah kelurahan kepada KPU DKI agar tidak simpang siur serta jadwal distribusi surat dan logistik Pemilu 2024" ujarnya.

KPU Provinsi DKI Jakarta telah menerima sebanyak 33.747.852 surat suara, memastikan logistik diturunkan di lokasi H -1 pencoblosan dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI terkait kesehatan petugas di lapangan.

Sedangkan, pemerintah Provinsi DKI telah melantik 215.000 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), membangun pusat komunikasi (command center) untuk memantau semua TPS di DKI Jakarta, dan menyiapkan delapan lokasi TPS di Kepulauan Seribu karena perlunya pengawasan khusus.

Lanjut dia, untuk Bawaslu DKI Jakarta akan memastikan pendistribusian logistik, jumlah kualitas dan sebagainya dari lokasi awal hingga ke kecamatan.

BACA JUGA:

Sementara, Badan Intelijen Negara di daerah (Binda) DKI Jakarta KBP Wisnu menegaskan, dalam pengamanan buka kunci kotak suara perlunya peran masyarakat untuk membantu dalam pengawasan.

“Siapa saja yang boleh berada di sekitar lokasi tersebut, saat buka kunci agar ada saksi minimal dua orang agar ada juga peran masyarakat untuk pengawasan," ucapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: