Hamas dan Israel Sepakat Perpanjang Gencatan Senjata hingga Jumat

Hamas dan Israel Sepakat Perpanjang Gencatan Senjata hingga Jumat

Israel dan Hamas Sepakati Perjanjian Gencatan Senjata, Foto: Situasi jalur Gaza yang dipenuhi puing - puing bangunan-#news #perang israelvshamas-

FIN.CO.ID-  Israel dan Hamas sepakat untuk memperpanjang gencatan senjata setidaknya satu hari lagi hingga pada Jumat besok 1 Desember 2023. Adapun kesepakatan gencatan senjata 6 hari berakhir hari ini, Kamis 30 November 2023.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters gencatan senjata akan berlanjut ketika mediator berusaha untuk membebaskan lebih banyak sandera yang ditahan di Gaza dengan imbalan tahanan Palestina.

Hamas dan Israel mulanya sepakat gencatan senjata 4 hari, keduana kemudian sepakat untuk diperpanjang hingga 6 hari dengan pertukaran tawanan. 

“Mengingat upaya para mediator untuk melanjutkan proses pembebasan sandera dan tunduk pada ketentuan kerangka kerja, jeda operasional akan terus berlanjut,” kata pernyataan Israel, yang dirilis beberapa menit sebelum gencatan senjata sementara berakhir hari ini, Kamis 30 November 2023.

BACA JUGA:


Proses pembebasan tahanan oleh Hamas di Gaza --Video

Pada hari Rabu kemarin, Hamas membebaskan 16 sandera dengan imbalan 30 tahanan Palestina dari Israel. Hamas juga mengabarkan bahwa gencatan senjata diperpanjang satu hari, yakni pada Jumat 1 Desember 2023, dengan demikian gencatan senjata kedua pihak 7 hari. 

Hamas sebelumnya mengatakan Israel menolak menerima tujuh perempuan dan anak-anak lagi serta jenazah tiga sandera lainnya sebagai imbalan atas perpanjangan gencatan senjata.

Kedua belah pihak mengatakan mereka siap untuk melanjutkan pertempuran.

Israel telah bersumpah untuk memusnahkan Hamas, yang menguasai Gaza, sebagai tanggapan atas amukan kelompok militan tersebut pada 7 Oktober, ketika Israel mengatakan orang-orang bersenjata membunuh 1.200 orang dan menyandera 240 orang.

Israel akan terus menyerang Jalur Gaza setelah gencatan senjata berakhir dalam waktu 4 hari, kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Rabu kemarin. 

BACA JUGA:


Hamas lepaskan tahanan Israel ke mobil Palang Merah Internasional--Video

"Kita sedang berperang, dan perang akan terus berlanjut sampai semua tujuan kita tercapai," kata Netanyahu dalam pidato menjelang rapat kabinet. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: