Jokowi: Jangan Khawatirkan Pemilu 2024, Indonesia Sudah Berpengalaman

Jokowi: Jangan Khawatirkan Pemilu 2024, Indonesia Sudah Berpengalaman

Joko Widodo saat kampanye Pemilu 2019 di Gelora Bung Karno Senayan--

fin.co.id - Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh rakyat Indonesia agar tidak mengkhawatirkan perhelatan Pemilu serentak 2024. 

Jokowi mengatakan, Indonesia sudah berpengalaman menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu).

"Tahun depan kita akan mengadakan pemilu, pesta demokrasi terbesar, tapi perlu saya ingatkan tidak perlu dikhawatirkan, negara kita ini sudah berpengalaman mengadakan pemilu, nggak sekali-dua kali, sudah lima kali," kata Presiden Joko Widodo, Rabu 29 November 2023. 

Jokowi juga mengatakan, jika adanya perbedaan pilihan dan pandangan politik dalam pemilu adalah hal biasa. 

Menurutnya, wajar saja jika terjadi situasi politik yang agak hangat.

BACA JUGA:KPU Angkat Suara Soal Dugaan Kebocoran Data DPT Pemilu 2024

"Jadi perbedaan (pandangan politik), agak hangat, agak panas ya biasa. Perbedaan pilihan itu juga wajar saja," ujarnya.

Dia meyakini bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang senantiasa cinta damai.

"Karena yang kita tahu semuanya, bangsa kita ini, bangsa Indonesia ini bangsa yang cinta damai, bangsa yang suka bersatu, bangsa yang senang harmonis, marilah kita bersatu untuk Indonesia maju," kata Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri marah dan mengkritik pemerintah Joko Widodo (Jokowi) yang dinilainya telah bertindak seperti Orde Baru. 

Hal itu disampaikan Megawati saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Relawan Ganjar-Mahfud di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 27 November 2023. 

"Republik ini penuh dengan pengorbanan, tahu tidak? Kenapa sekarang kalian yang baru berkuasa itu mau bertindak seperti zaman Orde Baru," tegas Megawati dengan nada tinggi. 

Megawati mengaku jengkel karena merasa saat ini tidak dihargai dan tidak dihormati. "Kok saya tidak seperti dihormati ya. Lho saya jelek-jelek pernah presiden lho. Dan masih diakui dengan nama Presiden ke-5 Republik Indonesia," imbuhnya. 

Dia menegaskan pihaknya siap bertarung secara jujur dan sehat di Pemilu 2024 mendatang. "'Biar Ibu ini perempuan, tapi Ibu petarung," paparnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: