Polisi Kembali Tangkap Dua Tersangka Kericuhan Bitung, Pelaku yang Rusak Mobil Ambulance dan Aniaya Korban

Polisi Kembali Tangkap Dua Tersangka Kericuhan Bitung, Pelaku yang Rusak Mobil Ambulance dan Aniaya Korban

Polisi Kembali Tangkap Dua Tersangka Kericuhan Bitung, Pelaku yang Rusak Mobil Ambulance dan Aniaya Korban--Dok Humas Polda Sulut

Kabid Humas Iis Kristian juga mengimbau masyarakat agar mempercayakan penanganan kejadian kepada aparat keamanan.

" Kami mengimbau percayakan penanganan peristiwa di Kota Bitung ini kepada aparat keamanan. Jangan melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain," katanya.

Kronologi Kericuhan


Sebanyak 7 Pelaku kericuhan Bitung ditangkap--Antara foto

Aksi solidaritas Palestina yang digelar di Kota Bitung Sulawesi Utara, berakhir ricuh. Sekelompok massa pendukung Israel menyerang peserta aksi bela Palestina diduga dengan menggunakan senjata tajam, Sabtu 25 November 2023.

Massa yang merupakan Ormas Manguni Minahasa menyarang membabibuta peserta aksi solidarita Palestina dengan membentangkan bendera Israel. Mereka juga menganiaya seorang pria dan merusak mobil Ambulance. 

Di lihat dari sejumlah video yang beredar di media sosial, aksi solidaritas Palestina ini diduga terbentur dengan Hari Ulang Tahun yang ke-12 Ormas Manguni Minahasa Bitung, Sulawesi Utara yang sama-sama dilakukan pada Sabtu kemarin. 

Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa mengatakan, ormas Manguni Minahasa telah mendapat izin dari Kesabangpol untuk menggelar HUT ke-12 di GOR Dua Saudara, Bitung.

"Itu HUT yang ke-12 dan telah mendapatkan izin resmi baik dari Kesbangpol baik dari kepolisian untuk kegiatan itu, karena untuk kebudayaan," kata AKBP Tommy Bambang Souissa, Minggu 26 November 2023. 

 

Saat perayaan, di saat yang sama lewat peserta aksi solidaritas Palestina hingga terjadi gesekan. 

"Mungkin dari video yang sudah dilihat adanya aksi dari LSM tertentu terkait dengan kemanusiaan, terkait dengan peristiwa di Gaza sehingga ada beberapa spontanitas (bentrokan)" katanya.

Tommy mengaku belum bisa merinci terkait motif bentrokan. Dia mengatakan pihaknya masih terus mendalami.

"Saya belum tau sampai ke situ, aksi kejar-kejaran motif saya belum tau, masih kami dalami lah," katanya.

Sebagaimana lewat flyer yang beredar di platform X, aksi solidaritas Palestina digelar pada Sabtu 25 November 2023 pukuk 13.00 WITA. Aksi ini dimulai dari depan rumah Wali Kota Bitung dan finis di Masjid Ribathul Qunub sekaligus digelar salat ghaib untuk warga Palestina. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: