Kapal Kontainer Milik Miliader Israel Dihantam Bom Drone di Samudera Hindia

Kapal Kontainer Milik Miliader Israel Dihantam Bom Drone di Samudera Hindia

Kapal Kontainer Milik Miliader Israel Dihantam Bom Drone di Samudera Hindia --Ist

 Pelacak Sistem Identifikasi Otomatis kapal dimatikan sejak Selasa ketika meninggalkan pelabuhan Jebel Ali di Dubai, menurut data dari MarineTraffic.com yang dianalisis oleh AP.  

Kapal seharusnya tetap mengaktifkan AIS mereka untuk alasan keamanan, namun awak kapal akan mematikannya jika tampaknya mereka menjadi sasaran. 

Hal serupa telah dilakukan sebelumnya ketika melakukan perjalanan melalui Laut Merah melewati Yaman, rumah bagi pemberontak Houthi yang didukung Iran.

 “Serangan itu kemungkinan besar ditargetkan, karena kapal tersebut berafiliasi dengan Israel melalui Eastern Pacific Shipping,” kata firma intelijen swasta Ambrey kepada AP.  

“Transmisi AIS di kapal dimatikan beberapa hari sebelum kejadian, yang menunjukkan bahwa hal ini saja tidak dapat mencegah serangan," katanya. 

Sebelumnya, Houthi Iran juga menyita sebuah kapal pengangkut kendaraan di Laut Merah lepas pantai Yaman.  

Milisi yang didukung Iran di Irak juga telah melancarkan serangan terhadap pasukan Amerika di Irak dan Suriah selama perang Hamas dan Israel. 

Perang meletus setelah pembantaian tanggal 7 Oktober, yang menyebabkan sekitar 3.000 Hamas menyerbu perbatasan ke Israel dari Jalur Gaza melalui darat, udara dan laut, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera lebih dari 240 sandera dari segala usia. 

 Israel kemudian membalas denga infansi ke Gaza dan membunhb 13.000 warga sipil diantaranya anak-anak dan wanita. Saat ini, kedua pihak sepakat gencatan senjata dan saling tukar tahanan. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: