Tragis, Minibus Tertabrak Kereta Api di Lumajang, 11 Orang Meninggal

Tragis, Minibus Tertabrak Kereta Api di Lumajang, 11 Orang Meninggal

Bangkai minibus elf dievakuasi dari jalur kereta.-Dok KA-(Antara)

FIN.CO.ID- Sebuah minibus elf tertabrak Kereta Api 266 Probowangi jalur Ketapang Banyuawangi-Surabaya di tepatnya di Desa Ranupakis, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jawa Timur pada Minggu malam 20 November 2023.

Akibat kecelakaan itu, sebanyak 11 orang dilaporkan meninggal dunia dan 4 lainnya mengalami luka-luka. 

"Kami ikut berduka cita dan menyesalkan kejadian kecelakaan lalu lintas antara mobil elf dengan KA 266 Probowangi relasi Ketapang--Surabaya Gubeng di perlintasan tanpa palang pintu di KM 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung--Stasiun Klakah hari ini pukul 19.53 WIB," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulis, dilansir di Jakarta, Senin 20 November 2023.

BACA JUGA:

Korban meningga dan luka-luka merupakan penumpang dari monil elf tersebut. Sementara penumpang Kereta Api dipastikan selamat. 

"Akibat kejadian ini, KA Probowangi mengalami keterlambatan 13 menit karena harus berhenti di perlintasan tempat lokasi kejadian tersebut," tuturnya.

Ia mengatakan KA memiliki jalur tersendiri dan tidak dapat berhenti secara tiba-tiba, sehingga pengguna jalan harus mendahulukan perjalanan KA. 


Warga evakuasi korban dari minibus elf yang tertabrak Kereta Api -Dok warga-(antara)

Seluruh pengguna jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api saat melalui perlintasan sebidang.

"Hal tersebut sesuai UU 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 124 dan UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 114," katanya.

BACA JUGA:

Sementara itu Pelaksana harian Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Jember Anwar Yuli Prastyo mengatakan, 11 korban meninggal dibawa ke Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) dr. Haryoto Lumajang.

"Seluruh korban sudah dievakuasi ke RSUD dr. Haryoto Lumajang, namun kami masih belum mendapatkan identitas-nya," katanya dikutip dari Antara. 

Minibus tersebut bernomor polisi N 7646 T sedang melewati perlintasan Kereta Api yang tidak terjaga di Desa Ranupakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, pada Minggu malam pukul 19.53 WIB. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: