Cara Memilih Oli Mobil yang Tepat agar Mesin Awet, Gak Cepat Aus!

Cara Memilih Oli Mobil yang Tepat agar Mesin Awet, Gak Cepat Aus!

Ilustrasi ganti oli mesin mobil.-carcility.com-

Oli sintetis biasanya lebih mahal daripada oli mineral dan oli semi sintetis. Namun, oli sintetis memiliki performa yang lebih baik dan dapat memperpanjang usia mesin.

BACA JUGA:

Dengan memilih oli mesin yang tepat, Anda dapat menjaga mesin mobil Anda agar tetap awet dan tidak cepat aus.

Apa akibatnya jika salah menggunakan oli pada mobil?

Jika salah menggunakan oli pada mobil, dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk:

Mesin cepat panas

Oli mesin berfungsi untuk mendinginkan mesin dengan cara menyerap panas dari komponen-komponen mesin. Jika menggunakan oli yang tidak tepat, oli tidak dapat bekerja secara optimal dan menyebabkan mesin cepat panas.

Mesin boros bahan bakar

Oli mesin juga berfungsi untuk mengurangi gesekan antara komponen-komponen mesin. Jika menggunakan oli yang tidak tepat, gesekan antar komponen mesin akan meningkat dan menyebabkan mesin boros bahan bakar.

Mesin cepat aus

Gesekan antar komponen mesin yang tidak terlumasi dengan baik dapat menyebabkan komponen-komponen mesin cepat aus. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin, bahkan hingga mesin jebol.

BACA JUGA:

Berikut adalah beberapa contoh kesalahan penggunaan oli yang dapat menyebabkan masalah pada mesin mobil:

Menggunakan oli dengan jenis yang tidak sesuai

Oli mesin tersedia dalam berbagai jenis, yaitu oli mineral, oli semi sintetis, dan oli sintetis. Setiap jenis oli memiliki karakteristik dan performa yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan oli dengan jenis yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda.

Menggunakan oli dengan keenceran yang tidak sesuai

Oli mesin memiliki kekentalan yang dinyatakan dalam huruf SAE. Semakin kecil huruf SAE, semakin encer oli tersebut. Oli yang encer lebih mudah mengalir, sehingga cocok untuk digunakan di lingkungan dengan suhu tinggi. Oli yang kental lebih tahan terhadap gesekan, sehingga cocok untuk digunakan di lingkungan dengan suhu rendah.

Menggunakan oli dengan API Service yang tidak sesuai

API Service merupakan standar kualitas oli mesin yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute (API). Semakin tinggi API Service, semakin baik kualitas oli tersebut. Oli dengan API Service yang lebih tinggi direkomendasikan untuk digunakan pada mesin-mesin modern.

Untuk menghindari masalah-masalah tersebut, penting untuk memilih oli mesin yang tepat sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Anda dapat membaca buku manual mobil Anda untuk mengetahui spesifikasi oli mesin yang direkomendasikan oleh pabrikan. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: