Mahasiswa UI Kembangkan Pelumas Mesin dari Limbah Plastik 76 Persen Lebih Murah dari Oli Biasa

Mahasiswa UI Kembangkan Pelumas Mesin dari Limbah Plastik 76 Persen Lebih Murah dari Oli Biasa

Tips memilih pelumas mesin mobil yang benar--

fin.co.id - Sebanyak empat mahasiswa Departemen Teknik Kimia (DTK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) mengembangkan produk inovasi diberi nama X-PELBO Waste Plastic to Eco-Lubricant Base Oil untuk pelumas mesin dari limbah plastik.

Mereka yang tergabung dalam Tim Lubritech ini terdiri atas Ariadne Jasmine, Fionna Aurell, Farrel Hakim, dan Ni Putu Xyieloveeda Sequioa, di bawah bimbingan guru besar DTK FTUI Prof Dijan Supramono.

Dekan FTUI Prof Heri Hermansyah di Depok, Sabtu, mengatakan inovasi Tim Lubritech bukti mahasiswa FTUI memiliki daya kritis yang kuat dan mampu memberikan alternatif inovatif yang mendukung keberlanjutan lingkungan.

Tim Lubritech tidak hanya menghadirkan solusi yang brilian, tetapi juga memberikan inspirasi tentang potensi besar generasi muda Indonesia dalam mengatasi tantangan energi dan lingkungan.

Inovasi tersebut hasil pengolahan limbah plastik polypropylene (PP) menjadi base oil yang merupakan minyak dasar penyusun pelumas.

Berkat ide inovatif ini, tim berhasil meraih juara 1 kategori Tribology pada kompetisi Think Efficiency 2023 diselenggarakan Shell Indonesia dan Society Renewable Energy (SRE) Indonesia.

BACA JUGA:

Tim Lubritech berhasil menyisihkan 50 tim mahasiswa dari universitas lain di Indonesia.

Ide inovatif tersebut didasari dari fakta penggunaan plastik yang meroket di berbagai industri dan rumah tangga. Plastik PP berkontribusi besar dalam permasalahan akumulasi sampah plastik di seluruh dunia.

Selain itu, katanya, Indonesia negara penyumbang limbah sampah plastik terbesar kedua di dunia dengan jumlah 64 juta ton sampah plastik setiap tahun.

"Untuk menangani masalah serius ini, mendaur ulang plastik menjadi kunci untuk mengurangi polusi plastik. Tim Lubritech telah menjawab tantangan ini dengan inovasi yang mereka wujudkan dalam produk bernama X-PELBO,” kata Fionna Aurell.

Umumnya, pelumas mesin menggunakan base oil bermutu tinggi yang berasal dari minyak bumi yang dimurnikan.

Inovasi Tim Lubritech merupakan gebrakan baru sebagai solusi dan inovasi untuk mendukung lingkungan yang berkelanjutan dengan menciptakan X-PELBO.

Hal penting lain yang menjadi keunggulan, kata Ariadne Jasmine, harga pasar X-PELBO yang 76 persen lebih murah daripada produk kompetitor dengan harga Rp11.999 per liter.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: