Cara Memilih Oli Mobil yang Tepat agar Mesin Awet, Gak Cepat Aus!

Cara Memilih Oli Mobil yang Tepat agar Mesin Awet, Gak Cepat Aus!

Ilustrasi ganti oli mesin mobil.-carcility.com-

FIN.CO.ID - Oli mesin merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin, sehingga dapat bekerja secara optimal dan awet. Oleh karena itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk memilih oli mesin yang tepat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih oli mesin, yaitu:

Jenis oli

Ada tiga jenis oli mesin yang tersedia di pasaran, yaitu oli mineral, oli semi sintetis, dan oli sintetis. Oli mineral terbuat dari bahan dasar minyak bumi, sedangkan oli semi sintetis merupakan campuran dari oli mineral dan oli sintetis.

Oli sintetis terbuat dari bahan dasar kimiawi dan memiliki performa yang lebih baik daripada oli mineral dan oli semi sintetis.

Oli mineral cocok untuk mobil-mobil lama, sedangkan oli semi sintetis dan oli sintetis cocok untuk mobil-mobil keluaran terbaru.

BACA JUGA:

Keenceran oli

Keenceran oli mesin dinyatakan dalam huruf SAE. Semakin kecil huruf SAE, semakin encer oli tersebut. Oli yang encer lebih mudah mengalir, sehingga cocok untuk digunakan di lingkungan dengan suhu tinggi. Oli yang kental lebih tahan terhadap gesekan, sehingga cocok untuk digunakan di lingkungan dengan suhu rendah.

API Service

API Service merupakan standar kualitas oli mesin yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute (API). Semakin tinggi API Service, semakin baik kualitas oli tersebut.

Untuk mobil-mobil dengan mesin modern, disarankan menggunakan oli dengan API Service minimum SN.

Rekomendasi pabrikan

Pabrikan kendaraan biasanya memiliki rekomendasi oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya ikuti rekomendasi pabrikan untuk memastikan oli yang digunakan sesuai dengan kebutuhan mesin.

BACA JUGA:


Ilustrasi ganti oli mesin mobil.-caranddriver.com-

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih oli mesin yang tepat:

Pahami spesifikasi mobil Anda

Sebelum membeli oli mesin, bacalah buku manual mobil Anda untuk mengetahui spesifikasi oli mesin yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Pertimbangkan kondisi lingkungan

Jika Anda sering berkendara di lingkungan dengan suhu tinggi, gunakanlah oli dengan SAE yang lebih rendah.

Pertimbangkan gaya berkendara

Jika Anda sering berkendara dengan kecepatan tinggi atau beban berat, gunakanlah oli dengan API Service yang lebih tinggi.

Harga

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: