Cara Mengenali Oli Palsu Sebelum Membeli Biar Mesin Motor Tidak Rusak

Cara Mengenali Oli Palsu Sebelum Membeli Biar Mesin Motor Tidak Rusak

Ilustrasi oli --

Cara Mengenali Oli Palsu Sebelum Membeli Biar Mesin Motor Tetap Awet - Belakangan ini banyak beredar oli palsu di pasaran. Jika pengendara tidak teliti, maka bisa saja menggunakan oli paslu untuk mesin kendaraannya. 

Oli palsu yang paling banyak dijumpai adalah oli palsu untuk kendaraan roda dua yakni motor. Nah, sebagai pengguna motor, Anda harus lebih teliti dalam memilih oli yang akan digunakan untuk kendaraan Anda. 

Sebab, penggunaan oli palsu terhadap mesin kendaraan sangat berdampak dan menjadikan kendaran tidak tahan lama hingga cepat rusak. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk dapat mengenali oli palsu sebelum membeli. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan praktis yang dapat membantu Anda mengenali oli palsu dengan lebih baik sehingga Anda dapat membuat keputusan pembelian yang bijak.

BACA JUGA:

1. Periksa Kemasan dan Label

Kemasan dan label pada produk oli asli umumnya dirancang dengan cermat dan berkualitas tinggi. Perhatikan ketelitian dalam cetakan, warna, dan logo yang tercetak.

Oli palsu mungkin memiliki label yang buram, warna yang pudar, atau kesalahan ketik yang jelas. Periksa juga tanda-tanda keaslian seperti segel keamanan atau nomor seri yang tertera pada kemasan.

2. Perhatikan Harga yang Terlalu Murah

Jika harga oli yang ditawarkan terlalu murah dibandingkan dengan harga pasaran atau merek yang terkenal, maka itu dapat menjadi indikasi adanya produk palsu.

Oli berkualitas tinggi membutuhkan bahan baku yang mahal dan proses produksi yang rumit, sehingga harga yang terlalu murah tidak realistis.

3. Cek Kualitas dan Warna

Oli asli memiliki kualitas dan kejernihan yang baik. Periksa kekentalan oli dengan menggosokkan sedikit oli pada jari Anda. Oli yang asli biasanya licin dan tidak berbutir. Jika oli terasa lengket atau berbutir, itu mungkin tanda adanya campuran bahan yang tidak seharusnya.

Perhatikan juga warna oli. Oli asli umumnya memiliki warna yang konsisten sesuai dengan merek dan jenisnya. Jika warna oli terlalu pucat, terlalu gelap, atau tidak konsisten, itu bisa menjadi indikasi oli palsu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: